• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Disdikbud Kabupaten Sintang Gelar Festival Tenun Ikat Dan Seminar Internasional Tekstil

23 October
17:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang menyelenggarakan Festival Tenun Ikat dan Seminar Internasional Tekstil di Museum Kapuas Raya, Jalan Sintang-Putussibau, Rabu (23/10/2019).

Saat membuka kegiatan Festival Tenun Ikat dan Seminar Internasional Tekstil mewakili Bupati Sintang Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Menyampaikan  Tenun Ikat Sintang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dan menerima penghargaan Upakarti dari Pemerintah dan kegiatan ini merupakan  salah satu upaya untuk pengembangan objek pokok kebudayaan yang ada dikabupaten Sintang.

“Saya berharap kedepannya event seperti ini dapat menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang dengan mengundang turis mancanegara. Sehingga kegiatan ini bisa memiliki multiplier effect terhadap pemberdayaan para penenun dan khususnya masyarakat Kabupaten Sintang dari berbagai sektor,” Katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Lindra Azmar  menjelaskan bahwa kegiatan festival tenun ikat  dan seminar internasional tekstil bertujuan untuk pelestarian budaya dan pengembangan tenun ikat, sekaligus  pemajuan objek pokok kebudayaan yang ada di Kabupaten Sintang.

“Pada Festival ini kami menyelenggarakan berbagai jenis perlombaan, Yakni lomba Puak Kumbu pewarna alam dan kimia, lomba kain kebat pewarna alam dan kimia, Fashion show tenun ikat TK dan SD, Lomba meronce manik-manik lomba dan lomba anyaman bambu serta lomba membuat tuak,” Jelasnya.

Lindra Azmar menambahkan, peserta Festival tenun ikat merupakan sentra pengrajin tenun ikat dari desa dan kecamatan yang tersebar dikabupaten sintang, denga unsur juri lomba dari Belanda, Sabah dan Pontianak  untuk menjamin penilaian lomba sangat objektif. (Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00