• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tingkatkan Nilai Tambah Hasil Hutan Bukan Kayu, TNBBBR Sintang Ciptakan Alternatif Usaha Baru

17 October
16:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang:  Balai  Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR)  kabupaten Sintang menciptakan alternatif usaha baru kepada masyarakat kawasan dengan meningkatkatkan nilai tambah hasil hutan bukan kayu.

Bidang Penyuluh Kehutanan dan Pemberdayaan Masyarakat Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya kabupaten Sintang Helmi Adikusuma mengatakan pihaknya  memberikan alternatif usaha baru kepada masyarakat agar tidak melakukan tindak pidana kehutanan pada kawasan konservasi.

“Kami menciptakan alternatif usaha baru kepada masyarakat disekitar kawasan dengan memberikan saranan produksi pertanian dan perikanan, untuk pemberdayaan, kami juga  memberikan fasilitas serta penguatan kapasitas dengan cara rutin menggelar pelatihan kepada masyarakat kawasan dengan mendatangkan pelatih dari pihak terkait,” Jelasnya, Kamis (17/10/2019).

Helmi menjelaskan pada kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ada 24 desa penyangga yang harus dilakukan pembinaan, dan sampai saat ini ada tiga desa yang dilakukan pembinaan salah satunya kecamatan Menukung kabupaten Melawi yakni berupa produksi perikanan.

“Untuk pembaruan tata kelola kami mengacu pada paradigma baru dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan tentang pengolaan kawasan konservasi. Paradigma pengelolaan kawasan konservasi  bertujuan  agar pengelolaan kawasan konservasi dapat memberikan manfaat sekaligus menjamin nilai-nilai kemanfaatan jangka lintas generasi,” Katanya. (Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00