• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

TNBKDS Kapuas Hulu Membuat Inovasi Merubah Sampah Plastik Menjadi Bensin

17 October
16:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kapuas Hulu: Balai Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum Kapuas Hulu Kalimantan Barat bekerjasama dengan Manggala Agni Daops Semitau membuat inovasi merubah sampah berbahan plastik menjadi bahan bakar bensin melalui teknologi pirolisis.

Kepala bidang wilayah III Taman Nasional Danau Sentarum Gunawan Budi , S.Hut, M.Si mengatakan inovasi  merubah sampah plastik menjadi bensin  merupakan salah satu solusi terhadap masalah sampah yang cukup signifikan di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum yang mencapai  lima ton perharinya.

“bahwa harus ada seratus treatment yang kita buat sehingga masyarakat itu ada simbiosis mutualisme disitu, sehingga kita melakukan beberapa penelitian teman-teman uji coba, akhirnya ketemu yang namanya teknologi pirolisis itu, teknologi pirolisis yang prosesnya menggunakan degradasi panas tanpa oksigen,” Katanya saat dihubungi RRI melalui telepon, Kamis, (17/10/2019). 

Menurut Budi sebelumnya pihaknya telah berupaya melakukan berbagai cara seperti sosialisasi terkait sampah hingga bantuan alah pengolah sampah organik namun tidak memberikan hasil yang signifikan.

“Kami berharap dengan adanya terobosan pengolah sampah plastik menjadi bensin melalui teknologi pirolisis di kawasan taman nasional danau sentarun sampah dari 10 ribu jiwa masyarakat yang tinggal di 12 desa di kawasan tersebut dapat teratasi dan berubah menjadi usaha yang dapat menghasilkan nilai ekonomi,” Tambahnya.(Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00