• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kusnadi Minta Langkah Kongkrit Pemerintah Naikan Harga Karet

15 October
18:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang : Anggota DPRD Sintang Kusnadi, S.A.P meminta pemerintah mengambil langkah –langkah kongrit dalam menaikan harga komoditi andalan masyarakat Sintang yakni Karet dan Sawit yang hingga kini harganya masih sangat rendah.

Harga komoditi karet yang rendah ini sudah berlangsung cukup lama sehingga mayoritas petani yang mengandalkan karet sebagai mata pencaharian kerap mengeluh kondisi ini, bahkan harga satu kilogram karet belum mampu menutupi harga satu kilogram beras.

“Selain karet harga sawit juga saat ini harganya belum stabil sehingga banyak petani mandiri yang menyampaikan keluhan ini setiap anggota DPRD Sintang melaksanakan reses di daerah, “ ungkap Kusnadi.

Ambruknya harga karet ini juga disebabkan kwalitas karet yang di hasilkan masyarakt cendrung tidak dapat bersaing.

“Sebelumnya memang ada prilaku buruk dari oknum petani yang mencampur karet dengan batu dan sejenisnya sehingga para eskportir menilai kwalitas karet petani kalbar buruk yang berakibat pada rendahnya harga karet,” tambah Kusnadi.

Perilaku oknum ini hanya sebagian kecil ini dinilai Kusnadi menjadi penyebab rendahnya mutu karet asal Sintang.

“ Saat ini terlihat  petani dengan penuh kesadaran mulai memperbaiki kwalitas karet, harapanya dengan peningkatan kwalitas akan kembali menaikan harga karet yang pernah jaya dan menjadi primadona petani di Sintang,” Tandas Kusnadi.

Kepada pemerintah melalui instansi teknis, Kusnadi berharap petani  harus diberikan solusi untuk mencari komoditi lain yang dapat menjadai alternatif petani sehingga tidak bertumpu pada satu komoditas saja.(Fik)

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00