• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Gaya Hidup

Takin dan MABM Sintang Gelar Nonton Sukep The Movie

10 October
20:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Bupati Sintang Jarot Winarno mengajak masyarakat Kabupaten Sintang Kalimantan Barat (Kalbar) menyaksikan film Sukep The Movie yang akan tayang di Sintang.

Melalui akun media sosial Jarot mengatakan film Sukep ini merupakan Film perdana karya warga Kalimantan barat yang sukses tayang di jaringan bioskop XXI di sepuluh kota di Indonesia termasuk Kalimantan Barat.

Kehadiran masyarakat menonton film tersebut menjadi bentuk dukungan terhadap industri kreatif daerah. Terlebih film Sukep The Movie dibintangi Kamiludin, putra asli Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, yang beken dengan nama panggung Kamil Onte.

“ Film ini telah mengguncang jagat perfilman khususnya di kalbar, untuk itu saya mengajak masyarakat untuk ramai ramai menonton karya masyarakat kalbar ini di Rumah Melayu Tepak Sireh Jalan Yc Oevang Oeray Sintang 19 dan 20 oktober 2019, “ ungkapnya kamis (10/10/2019).

Sukep The Movie ini memang menggunakan bahasa melayu Pontianak kendati demikian mudah dipahami karena bahasa Indonesia ini dari rumpun bahasa Melayu, Film ini telah masuk di daerah Jawa, Sumatra, dan daerah-daerah lain dimungkinkan juga masuk ke negara-negara jiran serumpun seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura.

Panitia Kegiatan Nonton Sukep the Movie, Mardiansyah mengatakan dipilihnya Rumah Adat Melayu (RAM) Sintang untuk memutar film ini mengingat Sintang belum memilki gedung bioskop, satu satunya tempat yang memungkinkan untuk pemutaran film ini di RAM.

“ Kapasitas ruangan diperkirakan cukup untuk 250 orang, ruangan ini akan disulap senyaman mungkin layaknya nonton di bioskop, tujuan pemutaran film ini untuk memotivasi penggiat film Sintang agar dapat melahirkan karya-karya yang dapat tembus ke tingkat nasional, acara pemutaran film ini merupakan gagasan TAKIN (Tempat Aksi Kreatif Sintang) bekerjasama dengan MABM (Majelis Adat Budaya Melayu) kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Di wawancara wartawan, Pemeran utama Sukep The Movie, Kamiludin, mengaku bersyukur dengan dukungan penuh Pemerintah Kalbar dan sejumlah Bupati di Kalimantan barat.

Sukep The Movie ini menceritakan tentang kehidupan asli masyarakat Melayu, Sukep (Kamil Onte) seorang pemuda kampung yang membuktikan diri dapat meraih kesuksesan karena kebulatan tekadnya, kemudian dihadapkan pada dilema terkait masalah asmara dimasa lalunya.

Adapun pemeran yang terlibat dalam film garapan sutradara terbaik di Pontianak ini selain Kamil Onte, di antaranya, Shallu Salsabila, M. Yousuf Aba, Ifan Seventen, Ivan Govinda, Agnes Rambaho dan Hendrawan DS yang merupakan seniman terbaik di Kalimantan Barat terkecuali Agnes Rambaho bersama rekannya Hendrawan DS yang berasal dari Kota Malang. (Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00