• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kabut Asap Semakin Pekat, Dinkes Sintang Turunkan 4 Mobil Oksigen

18 September
09:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang menurunkan empat mobil Oksigen guna membantu masyarakat di Kabupaten Sintang yang menderita sesak nafas akibat Kabut Asap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh mengatakan mobil oksigen diturunkan melihat kondisi masyarakat di kabupaten Sintang yang  saat ini kesulitan mendapat udara segar yang menyebabkan Masyarakat banyak mengalami sesak napas.

Sinto menjelaskan mobil oksigen ditempatkan pada 4 titik di area kota Sintang yakni Pasar Inpres, Pasar Sungai Durian, Pasar Masuka dan Tugu BI.

Menurutnya setiap mobil Oksigen disediakan tabung oksigen dan masker serta 2 orang paramedis untuk menangani penderita sesak nafas didaerah tersebut.

“Paramedis hanya bantuan pertama pada saat ada yang mengalami sesak nafas di lokasi-lokasi tersebut dan untuk tindaklanjutnya jika penderita mengalami sesak yang parah maka akan dirujuk ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat,” Katanya, Rabu (18/09/2019).

dr  Sinto menjelaskan, pihaknya menjadwalkan pelayanan mobil oksigen pada tanggal 18-21 September dan beroperasi pada jam 08.00-15.00 WIB dan jadwal akan diperpanjang apabila kabut asap semakin pekat di kota Sintang .

Ia berharap tidak terjadi korban yang parah karena dampak asap dan masyarakat bisa cepat mengakses pelayanan pertama karena dampak asap.

“untuk masyarakat yang berada dikecamatan, setiap  puskesmas  juga selalu menyediakan oksigen dan jika ada masyarakat yang sesak nafas akibat kabut asap  asap silahkan mendatangi Puskesmas terdekat,” Tambahnya. (Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00