• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Distanbun Sintang Lanjutkan Praktek Buka Lahan Tanpa Bakar

17 September
13:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Dinas Pertanian dan Perkebunan kabupaten Sintang melakukan praktek membuka lahan tanpa bakar di desa Telaga Dua Kecamatan Binjai Hulu dan desa Ransi Dakan Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Ir. Endang Gunawan mengatakan,  pelatihan ini dimaksudkan untuk mengurangi kabut asap akibat pembakaran lahan  yang terjadi diwilayah Sintang.

“Pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar  bertujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat supaya dapat  membuka lahan tanpa membakar,” Katanya, Selasa (17/09/2019)

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang kata Endang menargetkan memberikan pelatihan membuka lahan tanpa bakar pada 18 desa di 11 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sintang.

“Kami telah melaksanakan pelatihan di tiga desa yakni desa Jerora 1 yang merupakan desa pertama kami melakukan praktek membuka lahan tanpa bakar, desa Telaga Dua Kecamatan Binjai Hulu, desa Ransi Dakan Kecamatan Sungai Tebelian dan kami akan melanjutkan ke desa-desa berikutnya yang telah ditargetkan,” Jelasnya.

Endang mengatakan, pihaknya memilih pelatihan pada 18 desa Berdasarkan usulan dari para penyuluh pertanian karena masyarakat didesa tersebut  mayoritas petani.

“Kami memberikan pelatihan kepada petani dengan setiap pelatihan dihadiri 25 petani dengan narasumber penyuluh-penyuluh pertanian pada desa tersebut,” Ujarnya.

Ia menambahkan saat pelatihan pihaknya memberikan bahan dan alat praktek berupa buku informasi, sepatu boot karet, baju kaos, topi pet,  pestisida, pupuk dan bibit tanaman.(Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00