• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kabut Asap level Berbahaya, Pemkab Sintang Liburkan Sekolah

9 September
16:59 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sintang: Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah selama dua hari, mulai Senin (9/9/2019) hingga  selasa (10/9/2019),  menyusul menurunya kualitas udara hingga pada level berbahaya akibat kabut asap.

Keputusan untuk meliburkan aktivitas belajar di sekolah ini, berlaku pada sekolah tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP, di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  dan Kementrian agama kabupaten Sintang

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan standar pencemaran udara yang dilakukan oleh tim laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Sintang, dalam dua hari terakhir belum menunjukan perbaikan.

"Kualitas udara di Sintang masuk  kategori  berbahaya, ketinggalan pelajaran bisa di kejar tapi kalau Partikel debu ini masuk paru- paru anak anak kita tentu sangat riskan jadi mulai hari ini kita liburkan lah ya,” katanya senin (09/09/2019).

Ia mengatakan sampai saat ini belum di ketahui apakah liburnya aktivitas sekolah ini akan lebih dari dua hari namun Ia berharap dalam dua hari ini turun hujan sehingga partikel asap dapat berkurang.

Meski aktivitas belajar mengajar di Sekolah diliburkan, Jarotmeminta agar para siswa belajar mandiri di rumah masing- masing, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

“ Kita harus banyak berdoa agar secepatnya turun hujan sehingga mengurangi titik api yang menyebabkan terbaranya hutan di Sintang dan sekitarnya,” Sambungnya.

Sementara itu, hasil pantauan BMKG pada tanggal 9 september 2019 merilis Hotspot di Kalimantan barat mengalami peningkatan hingga 572 hotspot dengan jumlah terbanyak di kabupaten Ketapang sebanyak 361 Hotspot dan terbanyak kedua di kabupaten Sintang terdapat 50 Hotspot.

Potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan ditinjau dari analisa parameter cuaca  selama satu minggu ke depan sebagian wilayah Kalbar termasuk dalam kategori  mudah   hingga sangat mudah.// (Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00