• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Setiap Hari Tim Karhutla Padamkan 3 Hingga 6 Kebakaran di Kota Sintang

13 August
16:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Tim siaga kebakaran hutan (Karhutla) kabupaten Sintang  yang terdiri dari Manggala Agni. Damkar Sintang dan BPBD setiap hari berjibaku memadamkan kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah di Sintang.

Kepala dinas kebakaran dan Satuan polisi pamongpraja (Satpol PP) Kabupaten Sintang Martin Nandung mengatakan  didalam kota saja terjadi 3 hingga 6 titik kebakaran belum termasuk di kecamatan- kecamatan.

“Ada beberapa lokasi yang telah dipadamkan namun kembali menyala seperti di Rawa Mambok, kami telah memadamkan api sekitar  dua minggu ini kami tangani   namun kembali menyala saat panas terik karena berada di lahan gambut, “ katanya saat memimpin pemadaman kebakaran lahan di kawasan jalan Yc Oevang Oeray, Selasa (13/08/2019).

Dari beberapa peristiwa kebakaran ini di sebabkan kelalaian dan ada pula hanya karena membakar sampah namun karena hembusan angin dan cuaca terik api merembet ke kawasan semak belukar yang kering.

 “Masyarakat kita memang agak was- was membakar lahan namun ada indikasi pula kebakaran lahan ini di sengaja dengan melakukan pembakaran di tempat berbeda, sebab memang ini juga merupakan mata pencaharian mereka,” ungkapnya.

Damkar kata Martin Nandung mengerahkan 150 personil stanby untuk melakukan Pemadaman kebakaran, yang lebih di prioritaskan di daerah daerah dekat pemukiman, saat kebakaran terjadilebih dari tiga titik maka seluruh personil turun kelapangan.

“Puji Tuhan sampai saat ini personil kami sehat kendati harus kerja ekstra, dan semoga musim kemarau ini cepat berlalu agar intensitas kebakaran hutan berkurang, sumber air pun dibeberapa tempat mengalami kesulitan sehingga memperlambat gerak petugas, ” Tandasnya. (Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00