• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinas PMPD Sintang Tetapkan 4 Desa Jadi Desa Mandiri

20 May
16:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Sintang  mengusulkan 4 desa  menjadi desa mandiri.

Kepala Dinas PMPD Kabupaten Sintang  Herkulanus Roni mengatakan sesuai dengan surat edaran dari Dinas PMPD provinsi kabupaten tahun 2019 ini mengusulkan empat desa mandiri.

“Menindaklanjuti Surat Edaran peraturan Gubernur tentang peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa,” Katanya, Senin (20/05/2019).

Ia menjelaskan Dinas PMPD kabupaten Sintang telah melakukan seleksi internal, dan setelah dilakukan seleksi internal. 

“Empat desa yang diusulkan yakni desa Sungai Ana yang sebelumnya kategori maju dan tiga desa kategori berkembang yakni desa gurung kempadik dan desa pagal baru dan desa Kebong,” Tambahnya. 

Berdasarkan penilaian tim gabungan, Kata Roni dari provinsi  2 desa  diantaranya telah dinyatakan desa mandiri yakni desa Sungai Ana dan Desa Kebong, sedangkan desa Gurung Kempadik dan Desa Pagal Baru masih dalam penilaian.

“Untuk masuk kategori desa mandiri ada beberapa proses penilaian yang harus dipenuhi yakni  Lingkungan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup,” Ujarnya.

Roni  menambahkan tujuan utama pembangunan desa yakni memastikan pelayanan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pengembangan ekonomi lokal, sarana dan prasarana desaserta pemanfaaatan Sumber Daya alam secara berkelanjutan. (Yos)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00