• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Hingga April, Bank Kalbar Sintang Telah Salurkan KUR Rp 8 Milyar Untuk UKM

2 May
16:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Kepala PT Bank Pembangunan Daerah  Kalimantan Barat (Bank Kalbar) Sintang Bahtiar mengatakan  Tahun ini Bank Kalbar telah menyalurkan  Kredit Usaha Rakyat (KUR) sekitar Rp 8 Milyar yang tersebar pada 6 kantor cabang pembantu yang ada di Kabupaten Sintang.

“Sampai saat ini KUR Bank Kalbar memiliki daya serap cukup tinggi tersebar di beberapa kecamatan yang seluruhnya turut menyalurkan KUR, dan  ditambah unit usaha mikro yang berada di kawasan pasar raya Sintang yang secara masif turut menyalurkan program ini,”  Ujar Kepala Cabang Bank Kalbar Sintang  saat melakukan  sosialisasi produk simpanan  dan pemberian kredit kepada pelaku usaha mikro kecil menengah di aula Bank Kalbar, Kamis (02/05/2019).

Menurutnya sampai saat ini pihaknya terus menyalurkan KUR pada pelaku usaha mikro dan kecil dengan target serapan hingga Rp 13 Milyar.

“Dalam sisa bulan tujuh bulan lagi pada tahun ini Saya optimis target tersisa  Rp5 Milyar dapat tercapai salah satunya melalui sosialisasi seperti ini,” Katanya.

Sektor paling besar dalam memanfaatkan program KUR ini yakni sektor perdagangan ada beberapa diantaranya  pembiayaan sektor pertanian perindustrian, namun yang tumbuh baik yakni sektor perdagangan.

“Perdagangan ini bermacam- macam seperti pedagang eceran, sembako, makanan dan minuman, kuliner bahkan warung kopi,” Katanya.

Sampai saat ini tingkat kredit lalai pada sektor ini masih sangat kecil bahkan katagori belum mencapai 1 persen, menurut Bahtiar, pembiayaan pada sektor ini cukup berhasil, dari ratusan debitur pada usaha mikro hanya 7 Debitur saja yang masuk dalam katagori bermasalah.

Sosialisasi produk simpanan  dan pemberian kredit kepada pelaku usaha mikro kecil menengah ini dinilai penting sebab banyak pelaku usaha yang belum sepenuhnya memahami prosudur pinjaman modal di Bank.

Sosialisasi diikuti sekitar 60 pelaku usaha kecil dan Mikro di Kabupaten Sintang, kegiatan ini menurut Bahtiar akan di lanjutkan pada tahap berikutnya dengan mengundang lebih banyak pelaku usaha di wilayah Sintang.

Salah seorang peserta Sosialisasi Yudi mengatakan, tidak semua pelaku usaha paham dengan persyaratan mendapatkan KUR, banyak pelaku usaha yang enggan datang ke Bank karena mereka tidak tahu prosudurnya.

Pemberian KUR dengan suku bunga 0.58 persen perbulan menurut Yudi sangat membantu para pelaku usaha di daerah ini dari pada mereka harus meminjam modal pada pemilik modal ( Bank Ilegal)  yang  justru sangat memberatkan mereka. (Fik)

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00