• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PILKADA SERENTAK

Banyak Warga Sintang Tidak Tercantum di DPT

13 May
17:25 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Berkurangnya jumlah data pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan barat (Kalbar) 2018 dikeluhkan warga Sintang, sejumlah warga  mengakui saat masih berupa Daftar Pemilih Sementara (DPS) namanya masih tercantum namun ketika menjadi DPT justru menghilang.

Menanggapi hal ini Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sintang Aidy Efendi, S.Sos mengatakan data kongkrit itu sebenarnya pada pendataan awal namun kenyataanya, data awal justru menghilang setelah singkronisasi dengan kependudukan.

“ Kita juga kesulitan mendapatkan data sebenarnya karena  data tersebut itu berada di teman- teman  KPU,  mungkin kami menilai singkronisasi data KPU dan data kependudukan masih belum sama,” ungkap Aidy Efendi, minggu (13/05/2018).

Pihaknya juga telah memerintahkan PPL untuk menyingkronkan data di DPT dengan data ril lapangan sehingga tidak terjadi selisih yang terlalu mencolok, kendati demikian sampai saat ini Panwascam Sintang masih mengumpulkan data dari tingkat PPL.

“ Masalah validitas data Ini terjadi dari dulu, yang meninggal masih masih ada di DPT sementara yang masih hidup justru hilang ini yang kami rasakan, kami juga menanyakan hal ini ke KPU, dimungkinkan basis data yang di ambil memang berbeda,” Katanya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang telah menetapkan daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur Kalimantan barat (Kalbar) Tahun 2018 Sejumlah 278.499 pemilih, jumlah ini terjadi pengurangan dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelumnya sebesar 3.923 pemilih. (Fik)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00