• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Karet Turun, Kemiskinan Di Kabupaten Sintang Meningkat

13 December
14:47 2017
0 Votes (0)

KBRN Sintang: Dalam dua tahun terakhir angka kemiskinan di Kabupaten Sintang meningkat, kondisi ini menimbulkan keprihatinan kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bapeda) Kabupaten Sintang Kartiyus.

Menurutnya kontribusi yang paling besar menyebabkan angka kemiskinan di Sintang meningkat karena turunya harga komoditi masyarakat yaitu karet.

“Kita berharap tahun depan harga karet meningkat sehigga masyarakat yang hampir miskin tidak jatuh miskin,” katanya seusai memimpin rapat koordinasi  dan penanggulangan kemiskinan di daerah  bersama Tim Koordinasi Penanggulangan  Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sintang hari  ini  Rabu, (13/12/2017) Siang.

Hal lain yang harus di perbaiki Kata Katiyus pada sektor listrik, Air Bersih dan Sanitasi yang masih dianggap rendah sehingga menimbulkan tingginya angka kemiskinan.

“ Sintang ini masih berada pada posisi empat daerah termiskin di Kalimantan barat, ini yang harus jadi fokus kita, selain itu ada perbup nomor 54 tahun 2016 tentang CSR, Januari nanti kita akan kumpulkan perusahaan  dapat menyalurkanya untuk pengentasan kemiskinan,” Tambahnya.

CSR Perusahaan saat ini belum terhimpun secara beik sehingga belum berdampak pada pengentasan kemiskinan untuk masyarakat yang berada di wilayah kerjanya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Sintang Drs.Askiman,MM yang juga selaku Ketua Tim Koordinasi Penangulangan Kemiskinan(TKPK) Kabupaten Sintang menyatakan, penanggulangan kemiskinan di daerah  ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus  melibatkan Pemerintah, Swasta dan masyarakat.

Salah satu program pemerintah kabupaten sintang kedepan yang akan dilakukan adalah melalui  Program Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (P2-EMAS) yang akan dilaksanakan pada Tahun 2018. 

“ Dengan lokasi  sasaran di tujuh Desa  sebagai pilot project  yaitu  Desa  Pakak Kecamatan Kayan Hilir, Desa Solam Raya Kecamatan Sungai Tebelian, Desa Binjai Hulu Kecamatan Binjai Hulu,  Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai, Desa Temawang Muntai Kecamatan Sepauk, Desa Mentajoi Kecamatan Serawai dan Desa Bekuyan Luyang  Kecamatan Ketungau Hulu,” Katanya. (Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00