• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Gaya Hidup

Sintang Tuan Rumah Pameran Manik Se- Pulau Borneo

15 November
16:12 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Pameran Manik Borneo di Kabupaten Sintang tahun 2017 sangat istimewa mengingat dalam kegiatan ini juga diikuti oleh Museum Jawa Tengah Rangga Warsita dan ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Sintang.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Siti Musrikah mengatakan Dalam Pameran Manik Borneo tahun ini  bertema kan Sebutir Manik Merangkai Warisan Budaya Antar Bangsa.

Ini juga merupakan komitmen bersama dalam Kerjasama Sosek Malindo antara Pemerintah Indonesia Khususnya Kalimantan Barat dengan Malaysia Khsususnya Di Bidang Sosial Budaya .

“Kabupaten Sintang menampilkan manik- manik kreasi seperti babycarier atau gendongan bayi dari bahan manik- manik dan pengkeras dan modifikasi tenun dengan manik- manik,” Kata Siti, Rabu (15/11/2017).

Sementara Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan kegiatan ini diikuti negara tetangga seperti Malaysia, Sabah, Brunai dan sarawak serta beberapa profinsi di luar Kalimantan Barat.

“ Makna yang terkandung dalam kegiatan ini adalah merajut persatuan dan kesatuan dengan berbagai perbedaan warna dan budaya  selain itu berkaitan seni dan budaya yang memiliki potensi usaha, di harapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan kretifitas masyarakat,” ungkapnya.

Pameran manik Borneo di kabupaten Sintang tahun 2017 pameran manik Borneo dilaksanakan secara bergiliran diantara museum se-borneo kabupaten Sintang tahun ini merupakan tuan rumah ke-8 atau terakhir dari 8 museum peserta pameran di Borneo.

Pameran manik Borneo yang pertama dilaksanakan pada tahun 2010 di Museum negeri kalimantan barat di pontianak.

Pada event pameran kali ini juga hadir  keluarga besar perpustakaan nasional Deputi pengembangan sumber daya perpustakaan , perpustakaan akan memberikan support terhadap keberadaan museum dengan literatur khusus yang berhubungan dengan hasil penelitian atau research terhadap suatu obyek atau budaya yang ada di muka bumi ini.

Peserta pameran seperti Jabatan Muzium Sarawak, Jabatan Muzium Sabah ,Jabatan Muzium-Muzium Brunai Darussalam ,Museum Provinsi Kalimantan Barat, Museum Provinsi Kalimantan Tengah, Museum Provinsi Kalimantan Timur ,Museum Provinsi Kalimantan Selatan, Museum Provinsi Jawa Tengah, Museum Kabupaten Sintang .( Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00