• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemkab Sintang Cari Penganti Maskapai Kalstar aviation

4 October
08:13 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Pemberhentian sementara rute penerbangan  Kalstar aviation dinilai berpengaruh pada kebutuhan masyarakat terhadap transportasi udara di Sintang. Kepala Dinas perhubungan Kabupaten Sintang Drs. Hatta mengatakan dengan pemberhentian penerbangan Sintang Pontianak dan Ketapang oleh maskapai Kalstar aviation menyebabkan  terhambatnya berbagai urusan baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Pemberhentian  penerbangan Kalsatar Aviaton membuat pemerintah Kabupaten Sintang berupaya melakukan  koordinasi dengan otoritas bandara untuk menambah maskapai ke Sintang.

“ Kita sudah hubungi wings Air, Nam air dan Garuda untuk melakukan penambahan flight namun prosesnya memang tidak mudah karena berkaitan dengan perijinan,” Kata Hatta kepada RRI rabu (04/09/2017).

 Sebelumnya kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghentikan sementara operasi penerbangan maskapai Kalstar Aviation Air. Penghentian itu dilakukan mulai tanggal 30 September 2017 lalu

Direktur Jendral Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, mengatakan penghentian operasi itu dilakukan agar Kalstar melakukan sejumlah perbaikan, mulai dari perbaikan manajemen, teknik, hingga masalah keuangan.


Adapun, rute-rute penerbangan yang selama ini dilayani Kalstar akan digantikan oleh pihak maskapai lain. Masyarakat pun diminta bersiap untuk pindah menggunakan maskapai lain. Adapun rute-rute yang dilayani Kalstar hingga hari ini ialah Surabaya-Pangkalan Bun, Pangkalan Bun- Ketapang, Sintang-Pontianak, dan Samarinda-Berau.

"Jadi secara kuota itu kan 10, Kalstar itu sebenarnya memenuhi, tapi gara-gara sedang diaudit itu jumlah pesawatnya berkurang. Jadi harus dihentikan dulu sampai dia melakukan self correction. Kalau sudah siap pesawatnya baru beroperasi lagi, makanya dinamakan pemberhentian sementara," jelasnya. (Fik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00