• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Pemkab Sintang Dukung PDAM Lakukan Singkronisasi Air Baku

30 May
19:50 2016
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Untuk meningkatkan cakupan kebutuhan masyarakat dalam  pemenuhan  air minum yang berkualitas,  Pemerintah Daerah kabupaten Sintang  mendukung PDAM melalui program sinkronisasi air baku untuk Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Pemerintah akan membuat air baku yang bersih berasal dari Bukit Saran, yang nantinya akan ditarik dengan menggunakan pipa sepanjang 89 Km menuju Kota Sintang.

“Masyarakat di Kabupaten Sintang dapat merasakan jernih dan bersihnya air yang merupakan kebutuhan pokok untuk masyarakat, di harapkan  tahun 2017 nanti sudah bisa mulai di kerjakan,” Kata Jarot disela–sela Peresmian Instalasi Pengolahan Air di Sungai Ringin, Senin ( 30/06/2016).

PDAM di Sungai Rinin ini memiliki kapasitas debit air 40 liter perdetik, Pada saat yang bersamaan Jarot juga  melakukan Peletakan batu pertama  pembangunan Instalasi Pengolahan Air dengan berkekuatan 80 liter/ Detik di Sungai Ana kecamatan Sintang.

Direktur PDAM Kabupaten Sintang, Susanti, mengatakan, dengan adanya kehadiran Instalasi Pengolahan Air di Sungai Ringin ini setidaknya bisa membuat masyarakat sedikit lega karena, jangkauan yang akan dituju yaitu mulai dari simpang Tugu Jam hingga ke Bandar Udara Tebelian dengan jumlah kurang lebih

Diharapkan dengan adanya IPA di Sungai Ringin ini mampu  melayani masyarakat terdekat ,  dengan ditopang penyaluran air yang berkekuatan 40 liter perdetik yang dibantu dengan penampungan air atau reservoir yang dengan jumlah 400 m3,” Kata Susanti.

 Pembangunan IPA di Sungai Ringin ini kata Susanti menggunaakan pendanaan melalui dana APBN./// ( taufik)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00