• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Petugas Medis Diminta Memahami CBS

18 April
14:50 2016
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Seluruh petugas medis di Rumah Sakit Ade M Joen Sintang  diharapkan memahami Code Blue System(CBS)  salah satu strategi pencegahan kejadian henti jantung, sistem ini merupakan strategi pencegahan kejadian henti jantung.

Hal tersebut dikatakan Direktur RSUD AM Djoen Sintang dr. Rosa Trifina disela-sela pembukaan Training code blue system di Balai praja Kantor Bupati Sintang, Senin (18/04/2016).

Strategi ini meliputi aktivasi sistem emergency  dan resusitasi kejadian henti jantung di rumah sakit, yang melibatkan seluruh komponen sumber daya manusia  baik medis dan non medis, peralatan dan obat-obatan, sistem serta mekanisme kontrol dan evaluasi.

sistem ini Kata Rosa, sangat membutuhkan kesiapan semua pihak sehingga pelatihan yang terncana dengan baik tentang sistem code blue system  menjadi mutlak.

Kepada jajaran RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang, saya meminta untuk terus melakukan peningkatan kualitas SDM di rumah sakit sehigga mampu mewujudkan visinya sebagai rumah sakit yang mengesankan dan terpercaya di kalimantan barat, yang pada gilirannya dapat mendukung terwujudnya masyarakat kabupaten sintang yang sehat di masa mendatang,” Harapnya.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai sistem dan cara penanganan kejadian henti jantung.

“saya berharap baik tenaga media maupun non medis di RSUD AM Djoen Sintang serta petugas kesehatan lainnya mampu melakukan tindakan awal dan tindakan hidup lanjut bagi pasien penderita jantung karena pelatihan ini akan memberikan informasi mengenai aktivitas sistem emergency, strategi pencegahan dan resusitasi kejadian henti jantung di rumah sakit” terang Rosa Trifina.

Pelatihan ini diikuti oleh 84 peserta yang dibagi menjadi dua kelas yakni di Ruang Balai Praja untuk peserta non medis dan Aula RSUD AM Djoen khusus tenaga medis. untuk memberikan pemahaman mengenai penanganan penyakit jantung kami mengundang narasumber dari Departemen Anestesiologi Dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.// ( Taufik)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00