• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Sejumlah Masjd di Sintang Gelar Sholat Gerhana

9 March
15:52 2016
0 Votes (0)

KBRN, Sintang: Suasana mendung dan gelap menyelimuti Kota sintang saat Gerhana matahari yang berlangsung tiga menit sekitar pukul 07.27 WIB. Kendati Sintang  dilintasi Gerhana dibawah 90  persen namun gerhana matahari sangat dirasakan masyarakat Sintang.

Warga Baning Karjito Kepada RRI mengatakan suasana Hening dan gelap seperti waktu subuh  sangat terasa dilingkungan nya, Warga pun lebih memilih tidak melakukan aktifitas di luar rumah sebelum gerhana matahari berlalu.

“Saya malah melihat siaran televisi saat suasana gelap di Sintang,dan memang waktunya hampir bersamaan dengan wilayah Kalimantan ini, “ Kata Karjito.

Sejumlah Masjid di sintang menggelar Sholat sunat gerhana.

 Sebelumnya Kepala Kantor Kementrian agama kabupaten Sintang Abdul Azis  telah mengeluarkan himbauan untuk melakukan Sholat sunat gerhana untuk Masjid-masjid besar di Sintang.

“ Ada tujuh Masjid di Kota Sintang yang melaksanakan Sholat gerhana, dan laporannya mengatakan Jamaahnya juga cukup besar,” Kata Abdul Azis kepada Radio Republik Indonesia, rabu ( 09/03/2016).

Abdul Azismenjelaskan dari sisi agama Islam gerhana matahari adalah fenomena alam lumrah dan Siklus gerhana  ini  terjadi sejak dahulu kala, namun menurut Abdul azis sebaiknya fenomena alam ini dapat meningkatkan keimanan dan Ketaqwaan manusia pada Tuhanya .  

“ ini adalah ajang  umat untuk bermuhassabah, dan diharapkan dapat memiliki efek meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan justru Umat Manusia harus menyadari bahwa Matahari Bumi dan seluruh benda angkasa ada yang menguasai dan mengaturnya yaitu Allah, “ kata Abdul Azis.

Sementara ratusan Jamaah Masjid Al-Amin Sintang secara Khusuk melaksanakan Sholat Gerhana, selain pelaksanaan Sholat saat gerhana di Masjid ini juga dilangsungkan tausiah oleh Ketua Masjid Al Amin Sintang Ustdz Amin Sodik yang banyak mengupas tentang Fenomena gerhana dan Kekuasaan sang Pencipta.

“Suasana Pemakaman anak Nabi Muhammad, SAW, suasananya sama persis seperti pagi,  terlihat gelap mencekam dan menakutkan, pada saat itu juga sama terjadi  gerhana matahari seperti yang dialami saat ini,” Kata Ustadz  Amin Sodik.

Suasana mencekam seperti ini tentu akan menyadarkan manusia bahwa tiada kekuasaan apapun yang dimiliki manusia diatas kekuasaan Allah, maka Ustadz  Amin mengajak seluruh Umat agar banyak beristighfar mengingat Allah. (Taufik)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00