• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Konservasi Lahan dan Pangan, Ratusan Pohon Aren Ditanam di Kawasan Hutan Desa Panji

23 February
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja: Sebanyak 100 bibit pohon aren berhasil ditanam dan tersebar di kawasan Hutan Desa Panji, Sukasada, Buleleng, Minggu (23/2/2020).
  
Penanaman bibit pohon aren tiada lain adalah bentuk penyelamatan lingkungan melalui konservasi lahan. Selain diharapkan mampu menjaga lahan agar tidak terjadi longsor pohon aren diyakini mampu membawa dampak terhadap konservasi pangan. Hal tersebut dipaparkan CEO Bank Sampah Galang Panji, Gede Gading Ganesha.

"Pohon aren memiliki kemampuan akarnya tumbuh 15 meter kebawah, dengan kata lain mampu menahan terjadinya longsor. Selain itu daya simpan air yang bagus sehingga harapannya pohon yang kita tanam menjadi sumber air untuk Desa Panji kedepan," papar Gading usai kegiatan.

"Dampak lain adalah konservasi pangan. Pohon aren memiliki banyak manfaat mulai daun yang bisa digunakan sarana upacara keagamaan, mampu menghasilkan buah, dan air nira yang diolah sebagai gula dan tuak. Ini sekaligus kampanye untuk mendukung Pergub Nomor 1 Tahun 2020, Tata Kelola Minuman Tradisional Bali," imbuhnya.

Sebelumnya kegiatan penanaman pohon dikawasan Hutan Desa Panji dengan luas 129 Hektare merupakan bagian dari program Tree Adoption Program digagas oleh Koperasi Pangan Bali Utara. Oleh Dede Tobing Crisanjaya selaku Ketua Koperasi Pangan Bali Utara berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif dan berlanjut.

"Adopsi Pohon aren merupakan gagasan dari Koperasi Pangan Bali Utara, adapun pohon aren yang sudah di adopsi sebanyak 1000 bibit pohon dan hari ini sebanyak 100 pohon berhasil kita tanam," ungkap Tobing Crisanjaya.

Selain ratusan bibit pohon aren berhasil ditanam, ada puluhan jenis tanaman cemara dan cempaka sekaligus dikembangkan hasil donasi Pemdes Panji.

Sebanyak 75 partisipan ikut melaksanakan kampanye penanaman aren mulai dari Komunitas Karang Taruna Desa Panji, Sekaa Teruna Satya Warga Kelod Kauh, dan juga komunitas Kayoman Padawa.

00:00:00 / 00:00:00