• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Buleleng Serap Aspirasi Masyarakat Dalam Penyusunan Rancangan Awal RKPD Tahun 2021

10 February
17:21 2020
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Konsultasi publik merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat, saran atau masukan dari instansi/lembaga terkait maupun kelompok/organisasi kemasyarakatan untuk melengkapi dan menyempurnakan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021 guna mengoptimalkan pembangunan daerah.

Untuk itu partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting, karena sebagai salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan pembangunan daerah. Perencanaan dan penganggaran daerah perlu diselaraskan dan dikolaborasikan dengan kebijakan pemerintah, agar terwujud pembangunan daerah yang sinergi dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Hal itu diungkapkan Bupati Buleleng dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten III Setda Drs. Gede Suyasa, M.Pd, saat membuka Forum Konsultasi Rancangan Awal RKPD Tahun 2021, yang berlangsung di Gedung Mr I Gusti Ketut Puja Eks Pelabuhan Buleleng, Senin (10/2/2010) pagi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Asisten III Setda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, publik berhak memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk dijadikan referensi dalam mengambil keputusan sebelum ditetapkan menjadi RKPD. Suyasa menambahkan, ini merupakan salah satu dari prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembangunan.

“Program prioritas pemerintah tahun 2021 adalah mensinergikan antara pertanian dengan pariwisata. Kita melihat di Buleleng sisi pertanian menggeliat, kemudian pariwisatanya juga secara data semakin bagus, kemudian destinasi tujuan wisata di pedesaan semakin banyak ditetapkan, sehingga ini bisa disinergikan,” ucap Suyasa.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Derah (Bappeda) Kabupaten Buleleng Ir. Nyoman Genep, MT menjelaskan, tujuan konsultasi publik untuk menyampaikan program prioritas pembangunan Kabupaten Buleleng Tahun 2021 sebagai salah satu panduan dalam menyampaikan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2021. Skala prioritas dalam pembangunan di wilayah Buleleng, menurut Nyoman Genep adalah mampu menciptakan kualitas SDM, meningkatkan potensi pertanian dan pembangunan pariwisata.

“Fokus yang ingin kita bangun menjadi agenda prioritas, bagaimana kita mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dibarengi potensi pertanian kita yang Buleleng basis pertanian, itu bisa kita gali diharmonisasi, diseleraskan dengan pembangunan pariwisata. Karena pariwisata di Buleleng itu lebih banyak destinasinya berkaitan dengan pertanian,” pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00