• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Antisipasi Bencana, Polisi Sinergikan Gerakan Peduli Penghijauan

13 January
11:02 2020
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Gerakan Peduli Penghijauan yang dilakukan Jajaran Polres Buleleng terus berlanjut, secara bertahap dan berkelanjutan setiap Polsek di Jajaran Polres Buleleng melakukan penanaman berbagai jenis pohon dengan menyasar beberapa titik kawasan.

Polsek Gerokgak bersama Forum Masyarakat Peduli Hutan Dan Air Sanggalangit (Formalitas), Minggu (12/1/2020) melakukan penanaman pohon di Hutan Desa Sanggalangit  Kecamatan Gerokgak. Dalam aksi bersama berbagai lapisan masyarakat itu ditanam 200 bibit pohon ampupu, 100 bibit pohon intaran, 200 bibit pohon cendana, 200 bibit pohon Majegau, 150 bibit pohon beringin, 100 bibit pohon nangka.

Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya mengatakan, Gerakan Peduli Penghijauan terus dilakukan setiap polsek bersama masyarakat termasuk juga melibatkan para pelajar dalam upaya edukasi. Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan secara bertahap merupakan program kepolisian secara nasional dalam mengantisipasi bencana.

“Disamping memang program dari Kapolri untuk menghijaukan kembali bumi ini, sebenarnya ada kaitannya dengan kejadian-kejadian tanah longsor dan sebagainya, itu kan akibat hutan gundul kemudian akibat tidak adanya tanaman-tanaman yang bisa bertahan bertahun sehingga ketika musim seperti ini sering terjadi tanah longsor dan lain sebagainya,” ucapnya

Sementara, dalam aksi penanaman 1000 pohon di Hutan Desa Sanggalangit, lebih memperhatikan kondisi lingkungan di wilayah Kecamatan Gerokgak dan sebagai upaya menanggulangi daerah gersang dengan menanam pohon, selain untuk menyambut musim penghujan agar air hujan yang turun bisa diserap dengan adanya penghijauan tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00