• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Gashuku dan Ujian Kenaikan Tingkat Lemkari Bali Digelar di Singaraja

3 January
01:21 2020
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Persamaan gerak dan persamaan persepsi modal utama untuk membesarkan sebuah organisasi. Apalagi organisasi sekelas Lemkari yang telah ada puluhan tahun silam, tentunya harus ada pertemuan secara rutin agar apa yang menjadi target cepat tercapai.

Lemkari (Lembaga Karete-Do Indonesia) merupakan organisasi bela diri vertical, hingga kini tetap komit untuk memegang amanat sebagai cabang olahraga yang menjunjung tinggi harkat dan martabat sumpah karate. Oleh sebab itu Pengprov Lemkari Bali secara rutin menggelar gashuku dan ujian kenaikan tingkat.

Mengawali tahun 2020, Lemkari Buleleng diberi kepercayaan sebagai penyelenggara Gashuku yang diujiankan. Ada 600 karateka se-Bali dari berbagai jenjang terlibat dalam event semesteran yang rutin dilaksanakan Pengprov Lemkari Bali di Lapangan Ngurah Rai Taman Kota Singaraja, Kamis (2/1/2019) sore.

Dinda dari Payangan, Gianyar tercatat sebagai salah satu peserta Gashuku dan ujian kenaikan tingkat kepada RRI mengatakan, Ia tertarik bergabung di Lemkari atas inisiatif sendiri tidak ada paksaan dari siapapun dan ingin mejadi atlet karate yang berprestasi walau karate tergolong olahraga keras.

“Memang dari diri sendiri, sudah yakin,” ungkapnya.

Ketua Harian Pengprov Lemkari Bali, Anik Suryani mengatakan, Gashuku dan Ujian kenaikan tingkat dilaksanakan disamping untuk menyamakan persepsi antara anggota Lemkari, juga sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat solidaritas sesama karateka. Karena melalui Gashuku ada informasi penting yang harus dan mesti diketahui oleh seorang kohai.

“Meningkatkan solidaritas sesama atlet dari semua kabupaten, bisa komunikasi. Untuk gashuku kal ini juga ada refreshing wasit juri, majelis sabuk hitam dan penataran pelatih,” ucapnya.  

Sementara Bupati Buleleng diwakili Kepala Dinas pendidikan, Pemuda dan Olahraga Gede Darmaja, menyatakan yakin melalui kegiatan yang dipusatkan di Singaraja nantinya karate akan berkembang dan akan tumbuh karateka-karateka yang siap membela daerah.

Ketua FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) Buleleng, dr. Putra Sedana, Sp.Og juga menyatakan salut terhadap semangat para karateka Lemkari terhadap terobosan yang mampu seara rutin menyelenggarakan Gashuku dan ujian kenaikan tingkat. Karena kedua event tersebut sebagai embrio untuk menghasilkan karateka sejati.

“Ini merupakan sesuatu hal yang luar biasa, Buleleng dijadikan tempat gashuku se-Bali, tutupnya.

Hadir pula saat pembukaan Gashuku dan Ujian kenaikan tingkat Kamis sore di Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Wakil Ketua II KONI Buleleng, Ketut Wiratmaja dan Majelis Sabut Hitam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00