• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Rektor Undiksha Minta Olahraga Lari Dijadikan Rutinitas Kalangan Kampus

1 December
10:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Rektor Undiksha Singaraja, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menginginkan olahraga lari menjadi rutinitas seluruh kalangan kampus.

Hal itu disampaikan Nyoman Jampel saat melepas peserta lomba lari 5 kilometer, Undiksha Run 2019, Minggu (1/12/2019) pagi di kampus setempat.

Berdasarkan pengalamannya saat berkunjung selama 10 hari ke Iwate University, Jepang dan Ming Chi University of Technology, Taiwan, akhir Nopember kemarin, Nyoman Jampel menyatakan olahraga lari sangat baik dilakukan untuk menjaga kondisi fisik mahasiswa dan dosen, disamping mengutamakan kompetensi ilmu dan karakter.

“Kemarin ya saya di Ming Chi University of Technology, disana dilakukan oleh universitas itu, harus lari dulu setiap hari, bukan setiap minggu, apalagi setiap tahun. Setiap hari, sebelum dia masuk kelas dia harus lari dahulu di sekeliling kampus. Memang sih kampusnya dia luas, kalau di kita barangkali bisa,” tuturnya.

Sehingga Ia sangat mengapresiasi event lari yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, dalam rangka memperingati hari jadi Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha Singaraja.

"Sehingga saya apresiasi apa yang direncanakan oleh FOK ini dan tidak hanya untuk FOK, ini bisa untuk Undiksha. Saya berharap mungkin tiap minggu lah, harus diadakan, kalau bisa tiap hari lebih bagus. Nah mengapa? Karena tuntutan di era milenial ini kita tidak hanya cukup kompeten di bidang ilmu, tidak hanya cukup memiliki karakter yang bagus, tetapi harus sehat fisik,” ucapnya.  

Untuk itu, Rektor Nyoman Jampel menginginkan olahraga lari dapat digelar pada setiap kesempatan dan bahkan berencana menjadwalkan olahraga lari setiap hari Jumat di seputaran kampus.

“Lari ini salah satu olahraga yang paling murah, yang bisa dilakukan bersamaan dan bisa dilakukan kapan saja. Semoga ini bisa menjadikan Undiksha memiliki SDM yang berkarakter, yang berkompeten dan juga sehat  fisik, men sana in corpora sano,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BEM FOK Undiksha Singaraja, I Wayan Wisma Pratama Putra mengatakan, Undiksha Run yang digelar serangkaian memeriahkan HUT ke-13 FOK diikuti kurang lebih 300 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, pelajar dan komunitas lari di Buleleng dan Tabanan.

“Kami ingin memperkenalkan bahwa di undiksha itu ada Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Kemudian kami juga ingin mengolahragakan masyarakat dan  memasyarakatkan olahraga. Kami ingin mempersembahkan suatu kegiatan yangmengajak seluruh masyarakat, dari FOK untuk Undiksha,” ungkapnya.

Berhasil menempati podium pada kategori pelajar, Komang Deny Gunawan dengan catatan waktu 15 menit 50 detik berada di urutan pertama, Wayan Widhi Adnyana (18:07) di urutan kedua dan Kadek Dwipa Adnyana (19:20) di urutan ketiga.

Selanjutnya kategori umum putra, posisi pertama ditempati I Nyoman Karmayasa (15:57), posisi kedua I Putu Dika (16:32), disusul Gusti Ngurah Rai (17:02) di posisi ketiga. Sedangkan pada kategori umum putri, Gusti Kadek Widiyartini (2:16) berhasil sebagai juara pertama, disusul Ni Made Audrey Hardita Arum Sari (22:17) dan Ni Komang Wiwin Ariningsih (24:07) sebagai juara kedua dan ketiga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00