• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

JCH Buleleng Kloter 60 Bertolak Menuju Embarkasi Surabaya

26 July
08:38 2019
2 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Bantuan biaya transportasi untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Buleleng dari daerah asal menuju embarkasi Surabaya yang dijanjikan Pemkab Buleleng dalam musim haji tahun ini, diharapkan secepatnya bisa dicairkan.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng, I Gusti Komang Sumberjana, saat  acara pelepasan JCH Kabupaten Buleleng kloter 60, Kamis (25/7/2019) malam di Masjid Agung Jamik Singaraja.

Mengacu pada UU 13 tahun 2008 bab 10 pasal 36 mengamanatkan transportasi jamaah haji dari daerah asal atau dari Kabupaten Buleleng menuju embarkasi Surabaya dan sebaliknya, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat.

Hanya saja, ucap Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng, Gusti Komang Sumberjana, hingga kini bantuan biaya transportasi dari daerah asal menuju embarkasi Surabaya termasuk  kepulangannya nanti yang sangat diharapkan  kloter 60  JCH Kabupaten Buleleng hingga kini belum direalisasikan oleh Pemkab Buleleng.

Sehingga biaya transportasi dari daerah asal menuju embarkasi Surabaya untuk sementara dibebankan kepada jamaah calon haji, termasuk biaya untuk  satu orang  tim pemandu haji daerah atas nama Lewa Karma juga belum cair, dan yang bersangkutan harus menalangi sekitar Rp.70 juta. Terhadap permasalahan ini, diakui Sumberjana, pihaknya sudah berupaya mengkoordinasikan dengan Pemkab Buleleng dan saat ini masih dalam proses.

“Mudah-mudahan cepat terealisasi, jangan sampai lewat bulan Agustus,” ucap Sumberjana.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Buleleng, Haji Abdurahman Said, LC mengucap syukur kepada Allah SWT, karena semakin tahun semakin banyak jamaahnya untuk menyempurnakan rukun Islamnya dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Dalam tausiahnya, Ketua MUI berharap agar JCH Kabupaten Buleleng menjaga kesehatan dan saling menguatkan satu sama lain  dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan berjuang di jalan Allah.

“Siapa saja yang berjuang dengan hartanya dengan jiwanya memerangi hawa nafsunya, maka Allah akan memberikan jalan peluang untuk mengerjakan kebaikan,” ucap Abdurahman Said.

Jumlah JCH yang terdaftar di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng hingga kini berjumlah 1600 orang, dan yang mendapat kesempatan berangkat haji tahun 2019 sebanyak 148 orang terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 60 yang semalam telah bertolak menuju embarkasi Surabaya sejumlah 70 orang. Sedangakan kloter 84 sejumlah 68 orang, satu orang dari Desa Pegayaman meninggal dunia, sehingga kini berjumlah 67 orang diberangkatkan 3 Agustus mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00