• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Satu JCH Buleleng Meninggal Dunia Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

25 July
08:41 2019
2 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Satu orang jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Buleleng, Siti Mani’ah asal Desa Pegayaman Kecamatan Sukasada yang akan berangkat haji tahun telah meninggal dunia.

Almarhumah Siti Mani’ah yang masuk dalam kelompok terbang 84 dari kloter tambahan, sesuai jadwal rencananya akan diberangkatkan ke Embarkasi Surabaya, 3 Agustus 2019 untuk selanjutnya menuju Tanah Suci Mekkah bersama kelompok terbang lainnya guna melaksanakan ibadah haji 1440 hijriah.

Namun sebelum diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, takdir berkata lain. Siti Mani’ah yang tahun ini berusia 89 tahun telah berpulang ke rahmatullah, Senin (22/7/2019) sekitar pukul 3 sore. Innalillaahi wainna ilaihi rojiun.

Kepala KUA Kecamatan Sukasada, Haji Zulhikam, Kamis (25/7/2019) mengatakan, sebelum menghembuskan nafas terakhir di rumah kediamannya, almarhumah Siti Mani’ah sempat dirawat di rumah sakit.

“Beberapa minggu sebelumnya itu memang kondisinya kurang fit, terus perawatan, ya mungkin kita tidak tahu karena usia juga,” ungkapnya.

Kasi Bimas Islam, H Ali Mustafa selaku Plh Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng menjelaskan, meninggalnya satu JCH asal Kabupaten Buleleng atas nama Siti Mani’ah, sesuai ketentuan tidak bisa dialihkan atau digantikan ke jamaah calon haji yang lain.

“Karena visa sudah selesai, jadi tetap kosong. Tahun depan barangkali ada saudaranya atau ahli warisnya yang akan meneruskan,” ucapnya.

Dengan meninggalnya satu JCH Kabupaten Buleleng, maka total keseluruhan jumlah JCH yang berangkat haji tahun ini sebanyak 146 orang terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 60 dan 84. Kelompok terbang jamaah haji Provinsi Bali termasuk Kabupaten Buleleng yang tergabung dalam kloter 60 hari ini bertolak menuju embarkasi Surabaya. Sedangkan kloter 84 akan diberangkatkan menuju embarkasi Surabaya, Sabtu (3/8/2019).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00