• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Bimbingan Manasik Haji Bersama Kemenag Buleleng

20 June
05:22 2019
3 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji, melibatkan 145 peserta jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Buleleng yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji tahun 2019.

Antusias jamaah calon haji mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji yang diselenggarakan Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng bukan hanya terlihat saat bimbingan manasik haji perdana beberapa waktu lalu. Suasana  yang sama juga ditunjukkan 145 JCH Kabupaten Buleleng saat mengikuti pelaksanaan bimbingan manasik haji tahap kedua, Rabu (19/6/2019).

Dari 145 JCH yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji sebesar Rp36 juta, terbanyak berasal dari Kecamatan Buleleng 58 orang, menyusul Gerokgak 48 orang, Seririt 18 orang, Sukasada 20 orang dan 1 orang jamaah calon haji dari Kecamatan Banjar.

Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng, Haji Imam Syafii mengatakan bimbingan manasik haji penting diberikan untuk semua jamaah calon haji sebagai bekal pengetahuan dari prosesi pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan di Tanah Suci Makkah dalam musim haji tahun ini.

“Ini adalah untuk memberikan bekal kepada jamaah supaya jamaah ini, pertama memahami ilmu manasik, kedua akan disampaikan informasi terkini terkait dengan kondisi di Arab Saudi, serta berbagai teori lainnya,” ucapnya.

Haji Imam Syafii menambahkan, bimbingan manasik haji yang sebelumnya telah  diberikan KBIH Al Mabrur dan IHPI dengan acuan dari Kementrian Agama dengan persepsi yang sama sangat membantu jamaah calon haji yang dipastikan berangkat dalam musim haji tahun ini. Bimbingan manasik haji merupakan salah satu indikator mabrurnya ibadah haji yang dilaksanakan jamaah calon haji ketika melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

Ditengah berlangsungnya kegiatan bimbingan manasik haji, salah seorang peserta Sri Ambrawati dari Kecamatan Buleleng mengaku bersyukur kepada Allah karena tahun ini mendapat panggilan haji selaku pendamping ibundanya yang sama-sama mendaftar haji tahun 2012. Menurutnya kegiatan bimbingan manasik haji tahun ini sangat membantu.

“Saya selaku calon jamaah harus betul-betul mengikuti manasik haji, ini betul-betul membantu pelaksanaan ibadah haji nanti baik di Madinah dan di Kota Makkah. Karena waktu sangat mepet jadi harus betul-betul dicermati dan dihayati supaya ibadah kita berangkat kesana tidak sia-sia,” ungkapnya.

Jamaah calon haji dari Provinsi Bali yang melunasi tahap 1 dan 2 terdiri dari Kabupaten Jembarana, Tabanan, Denpasar dan termasuk beberapa diantaranya ada puluhan jamaah dari Kabupaten Buleleng tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 60 akan meninggalkan Bali tanggal 25 Juli 2019 dan diterima di Embarkasi Surabaya tanggal 26 Juli sekitar pukul 08.00 WIB untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Jenddah pada tanggal 27 Juli 2019 sekitar pukul 06.13 WIB dan diperkirakan tiba di Jeddah pukul  13.10 waktu Arab Saudi. Sedangkan untuk jamaah haji yang masuk dalam pelunasan  tambahan bergabung dengan jamaah calon haji dari NTT, diperkirakan berangkat menuju Embarkasi Surabaya antara tanggal 4 dan 5 Agustus 2019 masuk kloter 84.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00