• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Rekapitulasi dan Penetapan Pemilu di Buleleng Tuntas

6 May
20:31 2019
9 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Rapat pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten pada Pemilu 2019yang berlangsung sejak hari Minggu tuntas dilakukan KPU Kabupaten Buleleng.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng akhirnya menuntaskan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten pada Pemilu 2019  yang dilakukan mulai Minggu siang hingga Senin (6/5/2017) petang.

Dalam Rekapitulasi dan Penetapan dilakukan secara bertahap, pada hari Minggu hingga tengah malam, KPU Buleleng menyelesaikan rekapitulasi dan penetapan pada lima kecamatan dan pada hari Senin dilakukan rekapitulasi dan penetapan untuk empat kecamatan, sehingga secara total rekapitulasi dan penetapan dilakukan pada sembilan kecamatan di Buleleng.

Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana disela-sela pelaksanaan rekapitulasi dan penetapan mengatakan, dari hasil kegiatan yang dilakukan tersebut selanjutkan dilakukan proses yang sama pada tingkat provinsi.

“Inti dari proses ini adalah merekapitulasi semua hasil-hasil daripada pleno di kecamatan yang sudah dilaksanakan di masing-masing kecamatan, sehingga di kabupaten kita hanya merekap seluruh hasil daripada rekapitulasi yang dilaksanakan di kecamatan. Berjenjang, jadi dari setiap hasil kecamatan kita rekap di kabupaten. Hari ini setelah selesai, hari ini juga kita akan berangkat menuju provinsi untuk menyerahkan hasil dari rekapitulasi di tingkat kabupaten,” ucapnya.

Sementara, usai pelaksanaan rekapitulasi dan penetapan yang berlangsung di Hotel Aneka Lovina, seluruh hasil rekapituasli dan penetapan langsung dibawa ke KPU Provinsi Bali untuk dilakukan kegiatan serupa yang dijadwalkan berlangsung 7-8 Mei 2019.

Sedangkan, terkait dengan hasil calon legislatif yang terpilih sebanyak 45 orang di tingkat Kabupaten, KPU Kabupaten Buleleng masih menunggu waktu untuk melakukan penetapan dan prosesnya masih menunggu penyelesaian sengketa bila terjadi permasalahan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00