• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Penanganan Dugaan Money Politic di Buleleng Diwarnai Aksi Demo

30 April
03:09 2019
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Penanganan dugaan money politic dalam pelaksanaan Pemilihan Calon Legislatif dilakukan secara bertahap. Meski demikian aksi demontrasi mewarnai proses yang dilakukan Bawaslu Buleleng, Senin (29/4/2019).

Dugaan money politic atau politik uang yang diadukan ke Bawaslu Kabupaten Buleleng dalam pemilihan calon legislatif masih dilakukan penanganan secara bertahap. Bahkan Bawaslu Buleleng telah melakukan klarifikasi terhadap dr. Sonvir untuk memastikan pemberian sejumlah uang yang dilakukan Subrata. Namun demikian aksi demo dilakukan Aliansi Masyarakat Buleleng ke Bawaslu untuk memastikan proses penanganan yang dilakukan pengawas Pemilu 2019 tersebut.

Made Nur Rai dari Aliansi Masyarakat Buleleng mengatakan, aksi demo yang dilakukan untuk memastikan penanganan dugaan money politic yang dilakukan Caleg dari Partai Nasdem tersebut.

“Saya ini kesini dengan mewakili Aliansi Masyarakat Buleleng mempertanyakan sebagai berikut, satu kenapa dr. Sonvir yang dilaporkan dugaan money politic oleh Pak Redana, belum dipanggil, tapi jawabannya sekarang nanti sore dipanggil jam dua. Dan kedua, kenapa Pak Subrata yang mangkir untuk dipanggil Gakkumdu tidak dijadikan DPO atau ditangkap, karena itu bukan wewenangnya Bawaslu, begitu keterangannya, makanya saya sudah mengerti. Karena saya lihat disini ada polisi ada kejaksaan, saya kira bisa dia langsung menangkap karena dia tidak dating,” paparnya.

Ketua Bawaslu Buleleng, Putu Sugi Ardana yang menerima aksi Aliansi Masyarakat Buleleng menegaskan, Bawaslu Buleleng tetap melakukan proses penanganan pengaduan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan dan telah melakukan pemanggilan untuk klarifikasi terhadap Sonvir, caleg Partai Nasdem.

Sementara, Sonvir usai dilakukan klarifikasi membantah melakukan money politic dan mengatakan tidak mengenal Subrata.

“Saya tidak kenal siapa Pak Subrata, silahkan Tanya sama bapak Bawaslu. Yang penting saya tidak ada urusan, siapapun pelapor dan lain lain dan saya berbuat yang baik untuk kemenangan apapun sehingga kita bisa lihat hasil yang cukup bagus,” jelasnya.

Dari klarifikasi yang telah dilakukan Bawaslu Buleleng tersebut masih dilakukan sejumlah kajian bersama dengan Gakkumdu dan nantinya akan mengeluarkan keputusan terkait dengan penanganannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00