• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Bawaslu Buleleng Perdalam Dugaan Money Politic di Sudaji

26 April
06:33 2019
2 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Satu upaya klarifikasi masih dilakukan Bawaslu Kabupaten Buleleng terkait dugaan pengaduan pemberian uang atau money politic dalam tahapan Pemilu 2019 di Desa Sudaji Kecamatan Sawan.

Bawaslu Buleleng berencana akan melakukan klarifikasi terhadap Luh Sri Seniwi, anggota DPRD Buleleng yang kembali mencalonkan diri, sebab saat melakukan klarifikasi terhadap terlapor Gede S alias Loteng dan pelapor Nengah K termasuk tiga orang penerima uang tersebut menyebutkan nama Luh Sri Seniwi.

Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana, Kamis (25/4/2019) membenarkan rencana klarifikasi itu berdasarkan rekomendasi dari Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), namun karena adanya tugas ke NTB, Sri Seniwi meminta penundaan melakukan klarifikasi ke Bawaslu Buleleng//

“Diduga melakukan money politic, itu kemarin Sentra Gakkumdu merekomendasikan agar supaya orang yang muncul dalam klarifikasi itu namanya, itu juga diklarifikasi. Kebetulan yang muncul namanya itu adalah sri seniwi, jadi saya sudah layangkan surat kemarin, kemarin sore dia minta permakluman karena hari ini dia melaksanakan tugas negara ke NTB, dia akan datang tanggal 27,” jelasnya. 

Sebelumnya, Nengah K warga Desa Sudaji Kecamatan Sawan mengadukan Gede S alias Loteng yang diduga menyerahkan uang sebesar Rp150.000 kepada tiga orang penerima yang berkaitan dengan pemilihan salah satu caleg di Daerah pemilihan Kecamatan Sawan.

Berdasarkan pengaduan yang disampaikan ke Bawaslu Buleleng melalui Panwascam Sawan itu terjadi saat masa tenang menjelang pelaksanaan pemungutan suara, dimana terlapor mendapatkan informasi dan mengetahui terlapor menyerahkan sejumlah uang kepada tiga orang warga di Desa Sudaji Kecamatan Sawan untuk mencoblos salah satu caleg.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00