• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Diharapkan Tidak Hanya Wacana

5 March
03:02 2019
9 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Buleleng diharapkan tidak hanya wacana, namun bisa diimplementasikan dengan baik. Demikian dikatakan Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dr Iwan Darmawan, pada rapat penyusunan rencana operasional GERMAS, Senin (4/3/2019) di kawasan Pantai Penimbangan Singaraja.

Lebih lanjut Iwan Darmawan menjelaskan, munculnya GERMAS didasari atas Inpres No. 1 tahun 2017, dimana gerakan masyarakat hidup sehat ini dilakukan oleh seluruh perangkat daerah baik pemerintah maupun swasta. GERMAS muncul karena banyaknya warga masyarakat yang sakit memerlukan pengobatan sangat besar yang tidak bisa ditanggung BPJS, karenanya sangat diperlukan secara terpadu oleh OPD.

“Diharapkan nanti semua OPD yang terlibat ini tau apa sebetulnya tugas dan tanggung jawabnya untuk pelaksanaan Germas, bukan hanya untuk sosialisasinya saja, tapi bagaimana betul-betul menggerakan,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Gede Suratanaya, mengungkapkan, rapat penyusunan rencana operasional germas dimaksudkan untuk menyamakan persepsi prilaku hidup sehat.

“Germas ini bagaimana agar bisa dimengerti oleh semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Sosbud Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng, Dewa Suryanta. Menurutnya keberhasilan GERMAS harus didukung seluruh komponen masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00