• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Buleleng Revitalisasi dan Omptimalkan Manfaat Pasar Tradisional

12 February
18:45 2019
3 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra, Selasa (12/2/2019) meluncurkan Pasar Banjar di Kecamatan Banjar sebagai pasar bersih dan sehat. Diresmikannya Pasar Banjar sebagai pasar bersih dan sehat, kata Wabup Nyoman Sutjidra sebagai langkah untuk merevitalisasi dan mengoptimalkan pemanfaatan pasar tradisonal, sehingga bisa bersaing dengan pasar modern.

Untuk pertama kali program tersebut diawali dari Pasar Banjar untuk selanjutnya nanti diikuti oleh pasar tradisional lainnya di Kabupaten Buleleng, dengan tujuan mengubah kesan kumuh pasar tradisional serta harga maupun timbangannya standar. Wabup Sutjidra berharap Pasar Banjar bisa menjadi contoh dalam melaksanakan kegiatan di pasar.

“Kami dari pemerintah berharap bahwa pasar ini menjadi contoh bagaimana pedagangnya, kemudian pembelinya dan pengelolanya sama-sama bisa membawa manfaat kepada masyarakat dan pemerintah. Masyarakat bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang tidak terlalu berbeda jauh dengan pasar modern,” ucap Wabup Sutjidra.

Terkait dengan pencanangan pasar bersih dan sehat, kata Direktur Utama PD Pasar, Agus Yudiarsana, akan terus berlanjut terhadap pasar-pasar di Kabupaten Buleleng yang telah direvitalisasi.

“Pemahaman dan pembinaan kepada pedagang itu memang agak susah, jadinya kita tidak bisa serentak laksanakan, tapi kita nanti akan tetap lakukan secara bertahap dan kita awali dari Banjar,” terangnya.  

Untuk menjaga kebersihan Pasar Banjar, pihak pengelola telah melakukan kegiatan rutin setiap hari melibatkan pedagang yang ada di pasar rakyat Banjar, termasuk bekerja sama dengan desa dinas dalam pengangkutan sampah dari Pasar Banjar ke tempat pembuangan akhir. Jumlah pedagang di Pasar Banjar saat ini tercatat 240 orang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00