• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Gerakan Cerdas Memilih, Memilih Itu Juara Sasar Pemilih Pemula

12 February
18:05 2019
2 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Sukseskan perhelatan politik Pemilu Serentak 2019, LPP RRI Singaraja menggandeng KPU dan Bawaslu Kabupaten Buleleng menggelar sosialisasi menyasar pelajar sebagai pemilih pemula. 

Talkshow Gerakan Cerdas Memilih, Memilih Itu Juara bertajuk Satu Suara Untuk Indonesia, Selasa (12/2/2019) diikuti ratusan siswa kelas XII di SMKN 2 Singaraja yang tahun ini mendapat kesempatan untuk menyampaikan suaranya pada Pilpres dan Pileg 2019. Acara tersebut menghadirkan narasumber Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Buleleng serta Kepala SMK Negeri 2 Singaraja, Nyoman Sudimahayasa. 

Komisioner KPU Kabupaten Buleleng, Gede Bandem Samudera dalam pemaparannya mengatakan, sebagai pemilih pemula generasi muda harus mampu memberikan kontribusi positif dalam perhelatan demokrasi akbar tahun ini dengan memberikan suaranya di TPS pada 17 April nanti.

“Jadi satu suara tersebut sangat bermakna, karena pemilu ini adalah proses demokrasi, dimana suara dari pemilih tersebut mewakili aspirasinya,” ucap Bandem.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kabupaten Buleleng, Wayan Sudira menyatakan pihaknya telah berupaya meminimalisir potensi kecurangan yang cenderung terjadi pada perhelatan politik tersebut. Oleh karena itu, sebagai lembaga pengawasan pemilu, pihaknya telah menyiapkan pos pengaduan yang dijamin kerahasiannya sehingga masyarakat tidak perlu takut untuk menyampaikan pengaduannya.

“Kalau dia mengadu kan ke pos pengaduan itu, lengkap dengan hal tersebut kita akan data, setelah kita data seperti kemarin bahwasanya itu pasti ada proses perbaikan DPT. Tidak ada kata terlambat untuk mengakomodir hak pilih warga masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih,” terang Sudira.

Gerakan Cerdas Memilih dengan mengedepankan Memilih Itu Juara bertajuk “Satu Suara Untuk Indonesia” diharapkan mampu menginspirasi kalangan pelajar sebagai pemilih pemula akan pentingnya suara masyarakat dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa.

Dengan demikian menjadi sangat relevan ketika RRI bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu serta pihak sekolah yang menghadirkan siswanya sebagai sasaran sosialisasi, sehingga saat berada di bilik suara tidak merasa bingung untuk meyakinkan pilihannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00