• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Peran Nutrisi dan Aspek Psikologi Menunjang Prestasi Menuju Porprov Bali 2017

19 May
23:47 2017
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Berbagai upaya dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buleleng untuk meningkatkan prestasi olah raga, terlebih menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIII tahun 2017.

Porprov memang merupakan ajang bergengsi di kalangan pelaku olah raga khususnya bagi para atlet. Oleh sebab itu KONI Buleleng melibatkan banyak pihak untuk menggarap olah raga di Buleleng secara profesional, seperti membentuk consultant sport science, melakukan test kondisi fisik hingga menggelar seminar peran nutrisi dan aspek psikologi dalam menunjang prestasi Buleleng menuju Porprov Bali 2017, Jumat (19/5/2017).

Ketua Umum KONI Buleleng Arta Widnyana mengakui, seminar sehari memberi makna agar diperoleh hasil maksimal untuk mewujudkan motto "Buleleng Jengah Untuk Juara". KONI Buleleng telah melakukan rangkaian persiapan menghadapi Porprop Bali diantaranya berupa desentralisasi serta sentralisasi yang diwarnai tes kebugaran fisik. Selanjutnya akan dilakukan pemantauan oleh masing-masing pengurus cabang olahraga serta tes fisik pada bulan agustus mendatang.

Selain faktor teknis, faktor non teknis seperti nutrisi dan psikologi atlet juga mendapat perhatian sehingga dipandang perlu memberikan pembekalan kepada pengurus dan pelatih cabang olahraga untuk diketuktularkan dalam melatih para duta olahraraga Buleleng pada Porprov mendatang.

“Atlet kita dibekali dengan pemahaman mengenai nutrisi sehingga namanya sport nutrition dan sport psicology. Jadi secara psikologi juga akan dibentuk karakter bagi atlet-atlet kita, character building istilahnya, sehingga memiliki jiwa semangat Buleleng yang luar biasa serta disiplin dan semangat yang tinggi dalam bertanding", ungkap Arta Widnyana.

Seminar menghadirkan dua narasumber yakni Yeni Aridewi Baedowi, S.Pd, psikolog dari Biro Psikologi Tunas Mandiri serta I Gusti Ayu Deasy Natalia Udayani, SST, mengangkat topik sport nutrition dalam menunjang prestasi atlet.

Yeni Aridewi Baedowi mengungkapkan, aspek psikologi sangat menentukan keberhasilan seorang atlet turun di sebuah kejuaraan, untuk itu diperlukan ketenangan dan penguasaan diri agar dapat bertanding dengan maksimal.

“Kita ingin berusaha membantu para atlet untuk mengurangi stress yang dihadapi oleh mereka. Dengan misalnya pelatihan keterampilan mental. Jadi selama ini faktor psikologi jarang diperhatikan biasanya pelatih lebih ke arah fisik dan taktik", ungkap Yeni.

Ditempat yang sama I Gusti Ayu Deasy Natalia Udayani mengungkapkan, pentingnya pengetahuan nutrisi bagi para atlet. Selama melakukan latihan dan menjelang pertandingan nutrisi atlet harus terus diperhatikan. Hal ini sangat berpengaruh pada stamina atlet pada saat bertanding.

“Kalau kebutuhan nutruisi tergantung dari masing-masing cabang olahraga. Namun yang paling penting adalah pemilihan jenis makanan harus sesuai dengan empat sehat lima sempurna dan mengurangi makanan yang tinggi lemak, pedas dengan bumbu merangsang dan mengurangi makanan yang mengandung rasa asam", papar Ayu Deasy.

Buleleng akan menerjunkan lebih kurang 465 atlet yang bertanding di 32 cabang olah raga pada Porprov Bali XIII, bulan September mendatang di Kabupaten Gianyar. (WIN/SM)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00