• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Truk Overtonase ‘Berbahaya’, HMI Desak Polisi dan Dishub Bertindak

25 February
18:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sibolga : Puluhan unit mobil truk ekspedisi overtonase mulai marak melintasi jalan inti Kota Sibolga. Disebut kian meresahkan dan membahayakan warga atau pengguna jalan. 

Kendati pernah disoroti publik, namun frekuensi masuknya mobil truk ekspedisi pengangkut sembako, furniture, dan alat elektronik di jalan inti Sibolga, semakin bertambah.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sibolga - Tapanuli Tengah pun ikut menyoroti bebasnya truk ekspedisi overtonase tujuan Pulau Nias, melintas di jalan inti Sibolga.

Karena selain mengganggu kelancaran arus lalulintas kenderaan, melintasnya truk ‘raksasa’ itu juga dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan warga dan pengguna jalan.

“Truk ekpedisi overtonase itu sudah pernah disoroti warga, tapi masih saja banyak melintas di jalan inti Sibolga,” ungkap Raju, ketua Komisariat Tapian Nauli HMI, Selasa (25/2/2020).

Dibeberkan Raju, insiden terbaliknya mobil truk ekspedisi overtonase sudah kerap terjadi di jalan raya saat menuju lokasi Pelabuhan Sibolga, dan nyaris menelan korban jiwa.

“Apakah harus ada korban jiwa dulu, pemerintah atau Polisi baru mau bekerja. Sederhana saja, muatan truk itu kan berlebih tonase, harusnya jangan dibiarkan,” kata Raju.

Menurut Raju, berbagai upaya penghadangan telah dilakukan warga terhadap mobil truk ekpedisi overtonase, namun aksi warga itu seakan tidak ditanggapi serius oleh Polisi.

“Kami sangat berharap pihak Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Sibolga dapat bertindak tegas untuk menertibkan puluhan mobil truk ekpedisi overtonase tersebut,” pinta Raju.

“Keberadaan truk ekspedisi overtonase sebetulnya telah melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan,” sebutnya.

Selain Polisi lanjut Raju, Dinas Perhubungan juga diminta agar ‘membuka mata’ tentang keberadaan mobil truk ekspedisi overtonase, yang setiap hari selalu melintasi jalan inti Sibolga.

“Setiap hari puluhan truk ekspedisi overtonase itu melintas di jalan inti Sibolga, kadang siang kadang sore disaat padatnya volume kenderaan,” ucapnya.

Amatan RRI, puluhan mobil truk ekspedisi overtonase setiap hari melintas dari Jalan S Parman, Diponegoro, Sutomo, Suprapto, dan jalan Horas menuju Pelabuhan Sambas Sibolga.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Satlantas Polres maupun dari pihak Dinas Perhubungan Kota Sibolga.

00:00:00 / 00:00:00