• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lahan Perbukitan di Sarudik Terbakar

24 February
22:00 2020
0 Votes (0)

Sejumlah lahan  perbukitan di Lingkungan V Kelurahan Sibuluan Nalambok, Kabupaten Tapanuli Tengah habis dilahap Si Jago Merah sejak sore hari sekitar pukul 15.30 WIB. (24/2/2020)

Pantauan RRI hingga malam ini pukul 22.00 Wib, api belum dapat dipadamkan oleh dinas terkait akibat sulitnya jalan menuju lokasi kebakaran.

Camat Sarudik Harrys PT Sihombing menyebut, api yang menghanguskan sejumlah lahan di perbukitan tersebut diduga akibat ada pihak yang tidak bertanggung jawab ingin membuka lahan perkebunan di lokasi itu.

“Sekarang ini musim kemarau, jadi dugaan saya saat ini, mungkin masyarakat ada yang ingin membuka lahan dengan cara membakar lahan, padahal ini seharasnya tidak dilakukan karena dapat merugikan masyarakat luas,” ujar Haris.

Disinggung mengenai luas lahan yang terbakar, Haris menuturkan, dugaan saat ini sekitar 5 hektar lahan di perbukitan di Lingkungan V Kelurahan Sibuluan Nalambok ludes terbakar.

“Luas lahan yang terbakar dugaan sementara ada 5 hektar, dan peristiwa kebakaran lahan ini sudah saya laporkan kepada Bupati Tapanuli Tengah,” lanjutnya.

Kemudian Harrys mengatakan, saat ini pihak TNI-Polri, BPBD, Damkar Tapanuli Tengah bersama warga, masih siaga dilokasi kebakaran, hal itu untuk mengantisipasi kebakaran tidak sampai ke pemukiman penduduk, dan ia menghimbau warganya untuk tidak melakukan pembakaran lahan terutama saat musim kemarau saat ini.

“Sesuai intruksi Bupati Tapanuli Tengah, Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani, Beliau berpesan agar Pemerintah Kecamatan, Lurah, Kepala Desa, untuk  berkoordinasi dengan instansi terkait dan benar-benar memonitor guna mencegah terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing,” jelasnya.

00:00:00 / 00:00:00