• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Hilang di Sungai Selok Aceh, Pos SAR Sibolga Masih Cari Keberadaan Prada Fakhrul

21 February
12:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sibolga : Tiga hari dilakukan operasi pencarian dan penyelamatan, Tim SAR (Search and Rescue) belum berhasil menemukan keberadaan Prajurit Dua (Prada) Fakhrul Ridami (22), yang dinyatakan hilang di kawasan sungai Selok Aceh, Kecamatan Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Naggroe Aceh Darussalam (NAD).

Korban dikabarkan hilang sejak tanggal 19 Februari 2020, dalam perjalanan kembali ke tempat tugasnya Kompi A Yonif 115, di Kecamatan Suro.

Menurut keterangan Komandan Pos (Danpos) SAR Sibolga, Hari Susanto mengatakan, awalnya pada hari Selas (18/2/2020) sekitar Pukul 15:30 WIB, korban berangkat dari Pulau Banyak menuju Aceh Singkil dengan menggunakan boat.

Bahkan di hari yang sama sekitar Pukul 21:00 WIB, Korban sempat berkomunikasi dengan orangtuanya bernama Ahmad Yani.

“Dalam perjalanan, korban sempat berkomunikasi dengan ayahnya, dan memberitahu keberadaannya yang sedang makan malam untuk persiapan perjalanan darat menuju Kompi,” terang Hari

Namun esok harinya sekitar Pukul 17:00 WIB, Ahmad Yani mendapat kabar dari Komandan Kompi tentang penemuan barang milik Fakhrul di sekitar sungai.

“Ada ditemukan sepeda motor dan stereofoam, yg diduga milik korban di sekitar sungai” sebutnya.

Menindaklanjuti laporan itu, kata Hari, Kepala Kantor SAR Nias, M.Agus Wibisono melalui Kepala Seksi Operasi, Benteng Hilton Telaubanua, memerintahkan Danpos SAR Sibolga untuk segera dilakukan pencarian di lokasi kejadian.

“TIM Basarnas bergerak ke lokasi kejadian tanggal 19 Februari, sekitar Pukul 22:00 WIB. Dengan waktu tempuh 5 jam 31 menit,” jelasnya.

Menurut informasi, upaya pencarian korban berlanjut menggunakan LCR, untuk menyisiri kawasan hulu sungai Selok Aceh sejauh ±15 mil.

TIM yang tergabung dalam operasi pencarian, terdiri dari personil Pos SAR Sibolga, Satgas SAR Pulau Banyak, BPBD Singkil, serta TNI dan Polri. "Pencarian dimulai sejak pagi hari," ucapnya.

00:00:00 / 00:00:00