• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Penghadangan Mobil Box Ikan Luar Daerah ke Tapteng Dikecam

11 September
18:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sibolga : Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mengecam aksi penghadangan puluhan unit truk thermoking atau box pengangkut ikan dari luar daerah ke wilayah Tapanuli Tengah (Tapteng).

Upaya penghadangan mobil box ikan luar daerah seperti dari Aceh itu dilakukan Dinas Perhubungan dan Satpol PP dalam bentuk razia, di beberapa titik di wilayah Tapanuli Tengah.

Ketua LSM Metro Watch Sibolga - Tapanuli Tengah, Janner Silitonga menilai, aksi penghadangan mobil box ikan luar daerah, merupakan tindakan arogansi dan melanggar hukum.

“Miris melihatnya, kok bisa mobil ikan dari Aceh, dilarang masuk ke Sibolga atau Tapteng. Ini tindakan melawan undang-undang,” kata Janner, Rabu (11/09/2019).

Menurut Janner, belum ada aturan sampai saat ini yang melarang perdagangan antar daerah, kecuali perdagangan barang ilegal.

“Lantas, bagaimana jika sebaliknya, nelayan Sibolga atau Tapteng dilarang memasuki perairan Aceh, atau hasil bumi dari Sibolga atau Tapteng dilarang masuk pasar daerah lain,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Janner meminta aparat kepolisian harus bersikap, dan melakukan tindakan yang tegas, demi terciptanya iklim usaha yang kondusif di Sibolga dan Tapanuli Tengah.

“Siapa saja, memenuhi unsur melanggar aturan dan ketentuan terlepas siapa oknumnya, Polisi wajib ambil sikap tanpa pandang bulu, dan lindungi pelaku usaha sesuai aturan,” pinta Janner.

Selain itu, Janner juga meminta pemerintah Tapanuli Tengah agar menghentikan aksi penghadangan mobil box ikan luar daerah yang sampai kini masih terus berlanjut.

Karena menurut Janner, upaya pelarangan ikan luar daerah seperti yang dilakukan pemerintah Tapanuli Tengah ini, akan berdampak buruk pada kelangsungan distribusi kepentingan publik.

“Selama belum ada regulasi dilanggar soal perdagangan ekonomi lintas daerah, maka siapa saja bisa dan berhak mendistribusikan hasil kekayaan bumi dan laut sesuai ketentuan,” ungkapnya.

Sebelumnya, wakil bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul mengaku, pihaknya telah melakukan aksi penghadangan terhadap puluhan unit mobil box ikan dari luar daerah.

Aksi penghadangan itu dilakukan pemerintah di tiga titik lokasi, yakni di simpang Pondok Batu, kecamatan Sarudik, Panangkalan kecamatan Tapian Nauli, serta di daerah Manduamas.

Salah satu alasan pemerintah Tapanuli Tengah, menghadang mobil box ikan luar daerah kata Darwin, karena harga ikan luar daerah yang begitu murah, tidak sesuai dengan harga ikan lokal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00