• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Libur Kuliah Pengaruhi Stok Darah PMI Kota Semarang

21 February
16:38 2020

KBRN, Semarang : Stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Semarang saat ini telah menipis. Adapun stok darah yang menipis yaitu golongan darah A,  AB dan O. Meski demikian golongan darah B masih aman.

Kepala Bagian Pelayanan Donor PMI Kota Semarang, Dr Yusti Triwianti saat ditemui di kantornya Jum'at (21/2/2020) mengatakan menipisnya stok darah dipengaruhi oleh beberapa faktor.

" Pertama,  mungkin karena dari beberapa kampus yang rutin menggelar kegiatan donor darah bersama, kini libur perkuliahan itu juga mempengaruhi. Kedua dipengaruhi faktor cuaca karena musim hujan. Bahkan stok menipis sejak kurang lebih 2 bulan ini,"Ujarnya

Sementara guna mengatasi stok darah menipis, PMI Kota Semarang menambah 1 hingga 2 tempat pelayanan donor darah menggunakan mobile unit di tempat keramaian, yang semula hanya 4 titik. 

" Selama stok masih aman kami keluarkan empat mobile unit. Tapi ini menipis tentu kami tambah lagi menjadi lima atau enam mobile unit yang tersebar di beberapa tempat. Selain itu juga membuka event-event donor darah dengan memberikan souvenir menarik bagi masyarakat, " jelasnya

Lanjut Yusti, jumlah permintaan darah di Kota Semarang perbulan yakni rata-rata sebanyak lebih dari 2 ribu kantong. Sedangkan setiap hari mampu mendapatkan 100 lebih kantong darah.

Sementara itu, salah satu pendonor, Aning (21) mengaku rutin melakukan donor darah di PMI. 

"Dalam setiap 2 bulan sekali rutin donor darah disini mas. Semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, "ucapnya. 

00:00:00 / 00:00:00