• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Dukung Transparansi Anggaran, Laporan Penggunaan Dana Desa Kebondalem, Kab. Kendal Berbasis Online

20 February
16:48 2020

KBRN, Kendal : Penerimaan dana desa dari pemerintah pusat pada tahun 2020 akan langsung ditransferkan ke rekening desa. Ada Hal yang menimbulkan kekhawatiran, yakni potensi penyimpangan diakibatkan perangkat desa belum dapat mengelola dana yang terhitung besar.

Mantan Kepala Desa Kebon Adem Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Kumaidi selaku kuasa pengguna anggaran dana desa tahun 2019 kepada RRI menerangkan, pelaporan surat pertanggungjawaban pengunaan dana desa telah melalui aplikasi online. Melalui aplikasi tersebut, pelaporan pengunaan dana desa menjadi lebih mudah dan transparan serta sesuai dengan panduan pemerintah pusat.

“Sejak tahun 2019 laporan pengunaan dana desa sudah melalui online sesuai arahan pemerintah pusat,” ujarnya, Kamis (20/2/2020).

Dijelaskan, dalam pengunaan dana desa dari pemerintah pusat pun terdapat mekanisme yang harus diikuti. Diantaranya tentang kriteria kegiatan yang dapat dibiayai dana desa.

“Dari arahan pemerintah pusat, kegiatan yang dapat mengunakan dana desa yakni tentang penyelengaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan dan kemasyarakatan serta penanggulangan bencana alam,” jelasnya.

Meski terdapat 5 tema kegiatan yang dapat mengunakan dana desa, Kumaidi menjabarkan ditingkat desa dapat memprioritaskan program yang akan dilaksanakan. Seperti di Kebon adem yang menonjolkan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pada periode pertama menjabat kepala desa prioritas pengunaan dana desa untuk jalan kampung yang kini 100 persen telah dicor. Kedepan kami ingin jalan sambung antar gang masuk program pengecoran,” ujarnya.

Ditambahkan Kumaidi, ditahun 2019 Desa Kebon Adem mendapat dana desa dari pemerintah pusat sekitar 774 juta rupiah. Dari dana tersebut telah digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pengecoran jalan, pembangunan pasar desa dan telah terlaporkan sesuai instruksi pemerintah pusat.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

00:00:00 / 00:00:00