• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

SEPUTAR KAMPUS

Luruskan Sejarah, UIN Walisongo Gelar Diskusi Lengsernya Gus Dur Dari Presiden

18 February
18:39 2020

KBRN, Semarang : Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar diskusi lengsernya Gus Dur dari kursi Presiden pada tahun 2001. Diskusi tersebut menghadirkan penulis buku "Menjerat Gus Dur" Virdika Rizky.


Rektor UIN Walisongo Semarang, prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag mengemukakan, kampus berperan mengkaji dan melakukan validasi terhadap berita. Apalagi lengsernya Gus Dur dari Presiden ke 4 Indonesia memunculkan berbagai pendapat masyarakat.
"Dalam buku Menjerat Gus Dur juga terdapat gaya kemimpinan Gus Dur selama menjabat Presiden," jelas Rektor, Selasa (18/2/2020) di aula II kampus III Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.
Menurut Prof Imam, Gus Dur selama menjadi Presiden tidak memikirkan jabatannya. Namun senantiasa berbuat terbaik bagi masyarakat meski akhirnya dilengserkan.
Sementara itu penulis buku Menjerat Gus Dur, Virdika Rizky mengatakan hasil karyanya ini sudah melalui proses riset dan konfirmasi dari pelaku sejarah. Dijelaskan, selain itu penulisan buku tersebut berasal dari dokumen yang disebut sebagai "sampah".
“meski sejarah itu menyakitkan, harus tetap diluruskan. Bukan untuk balas dendam, tapi untuk pembelajaran dan kehidupan yang lebih baik”, jelas Virdika.
Dari buku Menjerat Gus Dur Virdika berharap, dapat menjadi pondasi sejarah terhadap asumsi tentang lengsernya Gus Dur. Meski menurutnya banyak fakta sejarah yang menyakitkan terutama bagi pengagum Gus Dur, namun ditegaskan bukan berarti menjadi alasan untuk balas dendam.
"Buku ini untuk menjadi pelajaran sejarah bagi generasi masa kini tentang kegigihan Gus Dur selama menjadi Presiden," imbuhnya.
Adapun kegiatan diskusi lengsernya Gus Dur, yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang, ditutup dengan tanya jawab antara audiens dengan narasumber. 

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

00:00:00 / 00:00:00