• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

BNN Batang Manfaatkan Kliwonan untuk Sosialisasikan Bahaya Narkoba

14 February
12:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Dalam mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, BNN Batang tidak hanya menggelar kegiatan secara seremonial, tetapi juga memanfaatkan iven rutin yang berhubungan dengan pelestarian kearifan lokal, seperti Kliwonan yang digelar setiap Kamis Wage malam di Alun-alun Kabupaten Batang.

Kepala BNN Batang, AKBP. Windarto mengatakan, BNN memanfaatkan pusat keramaian kota, seperti Alun-alun karena dapat dijadikan media untuk menyampaikan pesan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kalangan umum.

“Ternyata banyak warga yang datang setiap malam Jum’at Kliwon, jadi pesan anti narkoba bisa sampai ke semua lini masyarakat, sehingga dapat menolak dan mengantisipasi peredaran gelap narkoba,” terang AKBP. Windarto usai menggelar Sosialisasi Anti Narkoba di Alun-alun Kabupaten Batang, Kamis (13/2/2020).

Pemilihan tempat saat iven Kliwonan, juga berdampak positif, karena selain orang dewasa, ada pula anak-anak dan remaja yang berkunjung ke stan.

“Mereka bertanya tentang jenis-jenis narkotika, melalui modul dan replika narkoba yang bisa dilihat langsung, sehingga ada pembelajaran bahwa sangat berbahayanya memakai narkoba,” ungkapnya.

Dikatakannya, anak-anak juga bisa melihat contoh otak manusia yang belum dan yang sudah terkontaminasi obat-obatan terlarang. 

“Orang tua pun harus mengawasi anak-anaknya, karena pergaulan sekarang itu begitu bebasnya di luar terutama di media sosial, jangan sampai mereka masuk ke dalam jaringan,” imbaunya.

AKBP. Windarto menambahkan, tugas memberantas narkoba tidak hanya terletak di pundak BNN dan aparat Kepolisian saja, tetapi tugas semua kalangan masyarakat, supaya menciptakan Batang yang Bersinar atau Bersih Dari Narkoba. (Heri Batang/don).

00:00:00 / 00:00:00