• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Penanaman Pohon di Kawasan Hutan G. Lawu Dianggap Ampuh Cegah Bencana

12 February
14:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Konservasi wilayah hutan di kaki gunung lawu membutuhkan peran banyak pihak tidak hanya dari pemerintah ataupun warga sekitar. Hal ini karena banyak hutan yang gundul pasca kebakaran hutan di kaki gunung lawu sehingga menyebabkan potensi tinggi terjadinya bencana.

Sartono warga yang tinggal di sekitar kaki gunung lawu, saat ditemui RRI, Rabu (12/02/2020) dalam acara penanaman 3 ribu pohon di kawasan hutan bukit mongkrang, kaki gunung lawu, bercerita tentang pentingnya penanaman pohon di kawasan kaki gunung lawu.

Ia pun menceritakan kondisi terkini tentang hutan yang gundul pasca kebakaran di kaki gunung lawu di tahun 2019 lalu akibat kemarau panjang.

“ Sekarang banyak yang gundul (lahan bukit di kaki Gunung Lawu) pasca kebakaran akhir tahun lalu. Penanaman pohon ini kalau bisa dilakukan tidak hanya saat ini saja. Mumpung musim hujan saatnya menanam pohon,”ujarnya

Wilayah sekitar kaki gunung lawu disebutkannya memiliki kontur tanah yang gembur sehingga membutuhkan banyak pohon sebagai pengikat lewat akarnya. Jika tidak potensi bencana akan banyak terjadi, memang dalam penanaman pohon ini tidak serta merta bisa dirasakan manfaatnya.

“ Sekarang ini warga disekitar Bukit Mongkrang sudah lumayan sulit air. Ini karena diatas hutan pada gundul, daya serap kurang. Nah kalau dibiarkan terus bisa se Karanganyar malah kesulitan air nanti. Memang ditanam sekarang tidak langsung dapat di rasakan hasilnya, namun setidaknya dalam kurun waktu lima sampai 10 tahun nanti bisa jadi generasi selanjutnya yang merasakan. Nah ini kita siapkan,” tambah sartono yang juga pecinta alam Gunung Lawu ini.

Senada, Anggota Gerakan Aspirasi Pemuda Lawu Dwi Pamudji mengatakan wilayah kaki gunung lawu di sekitar Kab. Karanganyar memiliki resiko tinggi tanah longsor. Sehingga adanya penanaman pohon ini dapat dilakukan secara simultan tidak hanya dari pemerintah atau pun warga sekitar.

“ Resiko bencana longsor disini (kaki Gunung Lawu) cukup tinggi karena tanah gembur. Mungkin penanaman pohon ini yang merasakan warga sekitar dan generasi berikutnya. Harapan kami gerakan aspirasi pemuda lawu penanaman bisa dikembangkan dan berkelanjutan tidak hanya di skeitar Mongkrang saja. Toh nanti juga bisa digunakan sebagai  area wisata menuju puncak mongkrang kaki G. lawu,” ujar  Dwi.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo saat ditemui disela-sela penanaman pohon di Bukit Mongkrang, kaki Gunung Lawu mengatakan kerusakan lahan lereng Lawu di Karanganyar lantaran banyakdigunakan  alih fungsi lahan dari kawasan hutan menjadi lahan pertanian dan Pariwisata.

Menurutnya Perlu adanya pengawasan terhadap izin yang dibuat jangan sampai melanggar aturan perda RTRW yang ada. Disisi lain Pemda Karanganyar juga diminta secara intens melakukan reboisasi secara masiv untuk memulihkan kawasan hutan gunung lawu.

“Saya telah perintahkan Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto untuk menggalakkan penanaman pohon. Ajak masyarakat dan perangkat daerah yang terendah mulai Camat, Lurah hingga ketua RT/RW di Tawangmangu melakukan penanaman pohon kembali di kawasan lereng Lawu,”imbuh Gubernur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00