• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Dinkes Batang Meminta Pekerja Migran Waspadai Corona

31 January
15:24 2020
0 Votes (0)

KBRN Batang - Merebaknya Virus Corona di Kota Wuhan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang gencar mensosialisasikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) terutama bagi para pekerja migran, menjaga kondisi tubuh tetap stabil agar tidak terkontaminasi virus itu.

Ciri-ciri penderita Virus Corona dapat dikenal jika mengalami demam cukup panasnantara 38-39 derajat celsius, batuk pikek, sesak nafas dan badan terasa lemas. Namun yang patut diperhatikan, ciri utamanya adalah mereka yang baru melakukan perjalanan dari Kota Wuhan RRT ke Indonesia.

Virus itu berkembang di tubuh manusia antara 2-14 hari baru akan timbul gejala. Bagi mereka yang diduga terpapar virus itu, segera dilakukan obsevasi dan dikarantina di rumah sakit.

Kalau hanya sekedar batuk pilek biasa dan bukan datang dari Wuhan ya bukan karena Virus Corona,” ujar Kepala Dinkes Dr. Hidayah Basbeth saat diwawancarai di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Rabu (29/1/2020).

Dr. Basbeth menyarankan, jika memang tidak terlalu penting sebaiknya menunda keberangkatan ke RRT, sampai benar-benar bebas dari Virus Corona. Saat ini Pemerintah Tiongkok sedang dilanda keprihatinan karena munculnya virus itu.

“Berdasarkan informasi terbaru setiap hari ada 100 warga Tiongkok yang meninggal karena virus itu. Dan hingga kini sudah mencapai 5.000 orang dinyatakan positif Corona,” ungkapnya.

Dr. Basbeth menegaskan, jika keperluan WNI karena telah ada kontrak kerja, hal itu masih dipertimbangkan, dengan tetap mengutamakan kewaspadaan diri, agar tidak terpapar Virus Corona.

“Jaga kesehatan, terapkan selalu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” tandasnya.

Ditemui secara terpisah, Misbah salah satu warga yang akan melakukan perjalanan ke Singapura, mengatakan, untuk membentengi diri agar tidak mudah tertular Virus Corona, setiap individu harus menjaga kesehatan tubuh, dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Virus itu kan tidak kelihatan, jadi perlindungan utama kita adalah memakai masker. Untuk kawan-kawan yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, saat jangan dulu lah kita ke Wuhan, demi kesehatan tubuh diri sendiri,” ujarnya. (Mc Batang Jateng/Heri/Dars).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00