• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Persiapkan SKD CPNS, 6 Kabupaten/Kota di Jateng Lakukan Simulasi di Udinus

31 January
14:52 2020

KBRN, Semarang : Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bersama dengan 6 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah melakukan persiapan sekaligus simulasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019. Enam daerah tersebut yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Wonosobo, Kota Pekalongan dan Kota Tegal.

Kegiatan yang rencananya diselenggarakan selama 15 hari  mulai 1-15 Februari 2020 itu akan diikuti lebih dari 32 ribu peserta yang tersebar di 6 daerah tersebut. 

SKD akan menggunakan jenis seleksi Computer Assistant Test (CAT). Seleksi CAT, akan dilakukan di laboratorium Udinus yang berada di gedung D lantai 2 Udinus. 

Tidak hanya dari segi kualitas persiapan laboratorium komputer saja, persiapan bagi peserta yang disabilitas, ibu hamil dan peserta yang berkebutuhan khusus, juga telah dipersiapkan.
  
Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom, menjelaskan fasilitas sarana dan prasarana untuk kegiatan sudah teruji dan rencananya akan menggunakan sekitar 500 komputer. 

Menurutnya tes SKD Kota Semarang pada 27-28 Januari lalu berjalan lancar, semoga pada tes untuk 6 kabupaten maupun kota di Jateng juga berjalan lancar. 

“Kami telah mempersiapkan dengan baik dan langkah antisipasi seperti genset untuk mengatasi listrik padam jika suatu saat terjadi," jelasnya, Jumat (31/1/2020).

"Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar SKD 15 hari kedepan berjalan lancar. Sekitar 11 laboratorium komputer juga telah dipersiapkan secara maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan BKD dari Kota Pekalongan, Ir. Budianto, M.Pi, M.Hum selepas melakukan simulasi bersama dengan Kabupaten dan Kota lainnya, berharap kegiatan SKD CPNS formasi tahun 2019 akan berjalan lancar. Menurutnya tahapan-tahapan  yang ada telah tersusun dengan rapi dan tentunya sangat mengurangi penumpukan antrian di berbagai tempat. 

“Setelah meninjau, kami sangat senang karena mekanisme sudah sangat rapi hanya tinggal eksekusinya pada harinya saja. Ini pertama kalinya untuk mengadakan SKD CPNS di Udinus. Jika SKD CPNS pada tahun ini lancar, maka tahun depan kami akan bekerja sama dengan Udinus lagi sebagai tempat seleksi,” ungkapnya.  

Persiapan sekaligus simulasi SKD di 6 kabupaten/Kota di Jateng, dilakukan mulai dari proses penerimaan peserta, pengecekan hingga simulasi tes SKD di laboratorium komputer Udinus.

Yang akan memulai tes SKD CPNS pertama kali adalah Kabupaten Tegal, pada tanggal 1-6 Februari 2020.

Sebelumnya Udinus juga telah menyelenggarakan SKD penerimaan CPNS untuk Kota Semarang pada 27-28 Januari kemarin. Dimana pada 2 hari tersebut, sekitar 3300 peserta mengikuti tes SKD CPNS untuk Kota Semarang.

Info seputar tes SKD CPNS dapat diakses melalui website http://cpns.dinus.ac.id. 

00:00:00 / 00:00:00