• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Tim Seleksi KPID Jateng Jaring Masukan Lewat FGD

28 January
16:18 2020

KBRN, Semarang : Tim seleksi pendaftaran  komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, periode 2020-2023 mengelar Focus Group Discussion (FGD) di Semarang. Kalangan perguruan tinggi, pemerhati penyiaran dan beberapa unsur masyarakat saling memberikan masukan terkait kriteria yang tepat bagi 7 komisioner KPID.

Ketua tim seleksi calon anggota KPID Jawa Tengah, Ahmad Daroji seusai FGD mengatakan, hasil diskusi yang dilakukan menjadi tahap awal seleksi anggota KPID Jawa Tengah. Selain itu, tim seleksi juga berkonsultasi dengan KPID daerah lain seperti Bandung dan Bali untuk mendapatkan masukan dalam menentukan kriteria yang tepat.

“Dari hasil FGD muncul beberapa kriteria yang tepat bagi komisioner KPID Jawa Tengah, diantaranya mempunyai rekam jejak didunia penyiaran, batasan umur, ASN/ swasta dan banyak lagi, nanti kita rangkum dulu,” imbuhnya, Selasa (28/1/2020).

Dari semua masukan dari berbagai pihak, Ahmad Daroji menekankan kepada profesionalitas, kapabilitas dan amanah. Adapun dari formasi 7 komisioner KPID, kemungkinan terdapat sekitar 20 nama yang akan diajukan kepada DPRD Jawa Tengah.

“Paling lambat bulan Mei 2020 hasil dari tim seleksi anggota KPID Jawa Tengah akan dilaporkan kepada DPRD untuk dilakukan tes lanjutan,” ujarnya.

Rencananya, setelah syarat dan kriteria yang ditetapkan telah selesai, akan dilakukan penyeleksian. Dari nama yang memenuhi kriteria akan diajukan ke DPRD untuk dilakukan tes tulis, wawancara dan psikotest.

“Dari nama yang tim seleksi ajukan, akan diseleksi lagi oleh DPRD Jawa Tengah menjadi 7 komisioner KPID Jawa Tengah,” terangnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Tika Vilystya Budiman

    Srikandi Reporter RRI Semarang

00:00:00 / 00:00:00