• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

RUANG PUBLIK

Masyarakat Masih Membutuhkan Peran Satpam

22 January
20:22 2020
0 Votes (0)

KBRN Semarang  – Peran Kesatuan Pengamanan (Satpam) sangat penting untuk menjaga keamanan di lingkungan atau kawasan yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu personil Satpam harus mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Kesatuan Pengamanan (Satpam) merupakan mitra utama Polri dalam mengamankan sebuah kawasan yang menjadi tanggung jawabnya. Satpam juga memiliki peran penting membantu tugas-tugas kepolisian dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas). Hal tersebut  disampaikan Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun. usai memimpin upacara HUT Ke 39 Satpam dan membacakan amanat tertulis Kapolri di Kabupaten Pati, Rabu (22/1/2020).

Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, Satpam mempunyai tanggungjawab penuh terhadap keamanan sekitar tempatnya bertugas. Karena tugas pokok dan fungsinya terkait dalam Harkamtibmas, sehingga kepolisian berkepentingan untuk melakukan pembinaan-pembinaan secara periodik. “Dan agenda tiap tahun dilaksanakan perayaan HUT-nya dan pelaksanaan pelatihan-pelatihannya atau peningkatan kemampuannya dilakukan tiap bulannya sehingga untuk bisa terus menjalin sinergitas, koordinasi dan komunikasi,” katanya.

Kapolres Pati berharap melalui peringatan HUT Satpam tahun ini, akan para pelaku Kesatuan Pengamanan tahu akan peran mereka juga dirasakan dan dibutuhkan masyarakat terutama di lungkungan satuan kerja. “Yang jelas dalam harkamtibmas sangat besar sekali perannya  dalam setiap kegiatan di lingkungan kerja mereka berdampak terhadap situasi umumnya sehingga penting untuk setiap pelaksanaan tugas mereka kita kontrol,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga diberikan piala kepada juara lomba antar Satpam. Hadir pada upacara HUT ke 39 Satpam di halaman Mapolres, Bupati Haryanto serta pejabat Forkompinda lainnya.(Agus Pambudi/ Dars).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00