• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Siswa SMKN 2 Rembang Dididik Menjadi Pekerja di Kapal Asing

17 January
15:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Rembang : SMKN 2 Rembang mengadakan diklat pemberdayaan masyarakat di aula setempat sejak 15 sampai 17 Januari 2020. Diklat tersebut untuk mendapatkan sertifikasi ketrampilan pelaut.

Ketua jurusan teknika kapal penangkapan ikan, Mursidi menjelaskan kegiatan yang bekerjasama dengan Politeknik Pelayaran Surabaya itu bertujuan menyiapkan siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Dengan kelengkapan sertifikat BST sebagai sertifikat yang wajib dimiliki pelaut dan sertfikat penunjang lainnya, diharapkan lulusan SMKM 2 Rembang bisa bekerja di kapal dalam dan luar negeri.


"Sertifikasi pelaut diantaranya untuk sertifikat BST (Basic Safety Training), SAT (Securty Awarnes Training) dan AFF(Advance Fire Fighting) serta buku pelaut. Nah kalo bekerja di kapal luar negeri gajinya besar bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga, " ujarnya.

Ia menambahkan yang mengikuti diklat yakni seluruh siswa mulai kelas X sampai XII dengan minimal umur 16 tahun yang mengambil jurusan keahlian di bidang ketrampilan kemaritiman. Hasilnya semua siswa yang berjumlah 250 anak dinyatakan lulus.

Dalam diklat itu, semua biaya ditanggung pihak Politeknik Pelayaran Surabaya. Semua peserta selama 15 hari pelaksanaan diklat mendapatkan fasilitas makan, penginapan dan uang perharinya Rp. 50 ribu. ( Mifta )

  • Tentang Penulis

    mifta

    <p>kntributor wilayah rembang, </p><p>HP:081910776279</p>

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00