• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Pasca Longsor, BPBD Wonosobo Pasang Tanggul Darurat

17 December
12:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Wonosobo : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo lakukan pemasangan tanggul darurat di Dusun Krangehan kulon Desa Banyukembar, Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Pemasangan tanggul darurat untuk antisipasi longsor susulan menginggat saat ini lokasi tersebut intensitas hujan masih tinggi.

Kepal Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Wonosobo Zulfa Akhsan ketika dihubungi RRI menyampaikan, seusai tanah longsor kemarin pihaknya bersama masyarakat dan stakeholder terkait memperbaiki rumah korban dan lakukan langkah pencegahan  longsor susulan. Selain itu juga memberikan bantuan logistik seperti bahan bangunan permanen dan sembako.

“Kami fokus mencegah longsor susulan dengan membuat tanggul darurat dari karung berisi pasar, adapun selanjutnya kami rekomendasikan pembuatan tanggul permanen melalui dana desa atau sebagainya,” kata Zulfa, di Wonosobo Selasa (17/12/2019).

Dijelaskan, saat ini terdapat satu keluarga yang masih mengungsi ke rumah saudaranya karena takut terjadi longsor susulan. Adapun beberapa keluarga disekitar lokasi diminta waspada ketika turun hujan dengan durasi satu jam lebih karena berpotensi longsor.

“Saat ini daerah Wonosobo sudah turun hujan sehingga potensi tanah longsor selalu ada, apalagi Wonosobo demografinya pegunungan. Bahkan seusai hujan masyarakat tetap harus waspada karena endapan air hujan masih berpotensi longsor,” ujarnya.

Selain itu, Zulfa Akhsan juga meminta masyarakat memperbaiki saluran air terutama didaerah perbukitan agar tidak mengendap ketika turun hujan. Apalagi jika muncul retakan tanah untuk segera dilakukan pengurukan darurat.

“Kami juga terjunkan relawan untuk pencegahan longsor seperti melakukan pantauan didaerah rawan longsor ketika turun hujan dengan durasi lama,” ucapnya.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, pada senin 16 Desember 2019 terjadi tanah longsor di Dusun Krangehan kulon Desa Banyukembar, Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo yang mengakibatkan satu korban meninggal dan dua lainnya luka-luka.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00