• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Satu Orang Meninggal Dua Orang Luka Akibat Longsor Di Wonosobo

16 December
22:30 2019

KBRN, Semarang : Satu orang meninggal dunia sedangkan dua lainnya dilarikan dirumah sakit akibat tanah longsor yang menimpa dua rumah di Dusun Krangehan kulon RT 1 RW 2 Desa Banyukembar Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo, Senin (16/12/2019). Korban meninggal bernama Miyatno (47) dan korban luka Naryanto serta Tunem dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Wonosobo Sultoni ketika dihubungi RRI menerangkan, kemungkinan kejadian tanah longsor tersebut disebabkan akibat hujan yang turun  terus menerus.

“Sebelum tanah longsor hujan turun terus menerus, ditambah lokasi kejadian merupakan zona rawan longsor,” imbuhnya.

Dijelaskan, seusai longsor jajaran pemerintah setempat, relawan dan masyarakat bersama BPBD Wonosobo melakukan evakuasi ketiga korban. Untuk korban Miyatno tidak dapat diselamatkan seusai ditemukan dalam kondisi tertimbun tanah longsor.

“Usai tanah longsor Camat, Muspika dan BPBD dan masyarakat gotong royong menyelamatkan korban,” ujarnya.

Disisi lain, Sultoni juga menghimbau kepada masyarakat disekitar tebing untuk mewaspadai potensi longsor ketika turun hujan dengan durasi lama. Selain itu juga menghindari lokasi cekungan atau genangan air karena dapat menimbulkan longsor.

“Untuk daerah perbukitan atau dekat tebing waspadai hujan dengan durasi waktu dua jam lebih, karena dapat berpotensi tanah longsor,” ucapnya.

  • Tentang Penulis

    Syamsudin

    Tak Perlu Memikirkan Kemana Akan Berlabuh, Pikirkan Saja Jalan Mana Yang Akan Ditempuh

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

00:00:00 / 00:00:00