• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Pemkab Kendal Gelar Apel Siaga Bencana

11 December
10:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Meningkatnya Intensitas curah hujan, Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Apel Siaga Bencana di alun-alun Kendal, sebagai langkah antisipasi bencana di musim penghujan, Rabu (11/12/2019).

Sementara Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Ginda Mohammad Ginanjar yang memimpin Apel menjelaskan, jika kabupaten Kendal sangat rawan terhadap bencana alam seperti banjir, longsor dan angin puting beliung. 

Terkait kesiapan yang telah dilakukan oleh Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Bupati Mirna turut mengecek beberapa alat kesiapan yang digunakan nantinya saat tanggap bencana termasuk jumlah petugas dan personel relawan.

Lebih lanjut, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan jika rawan longsor dan banjir di Kendal masih terjadi terutama di beberapa daerah yang dinilai menjadi kawasan rawan bencana.  

“Kendal ini memang masih ada beberapa kecamatan yang menjadi daerah rawan longsor terutama kawasan atas, kurang lebih saat ini tidak mencapai 10 desa. Kemudian untuk banjir biasanya tetap di pantura, namun saat ini masih mampu kita antisipasi untuk banjir” jelas Mirna Annisa.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Slamet mengatakan, dalam beberapa hari terakhir di awal musim penghujan di Kabupaten Kendal telah terjadi 2 kejadian angin putting beliung.

“Jadi yang pertama wilayah Boja dan Weleri yang telah terdampak angin puting beliung total keseluruhan ada 243 rumah yang terdampak, namun untuk lainnya masih dalam pemantauan seperti longsor kita monitoring dan koordinasi bersama camat setempat” terang Slamet.

Adapun kesiapan personil satgas terdiri dari 20 orang dan kerjasama dengan 700 komunitas relawan, selain waspada longsor yang terjadi di kawasan atas. Yang menjadi perhatian oleh BPBD Kendal juga di bantaran sungai atau tanggul.

Dalam apel siaga bencana ini juga dipamerkan alat-alat penunjang penanganan bencana alam mulai dari sepeda motor, perahu karet, pelampung, perlengkapan dapur umum, tenda dan mobil ambulans. 

  • Tentang Penulis

    Adetya krisna Prastyo

    Kontributor RRI Semarang "Loyalitas dan Integritas"

  • Tentang Editor

    Lucky Setiawan

    Menulislah jika ingin diingat,...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00